RPP TEMA 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 18 Batang Barus
Kelas / Semester :
I (Satu) / 1
Tema 2 :
Kegemaranku
Sub Tema 1 : Gemar
Berolahraga
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui
teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
4.5 Menjelaskan dengan kosakata bahasa Indonesia dan
pelafalan yang tepat cara memelihara kesehatan.
Indikator:
3.5.4 Menyebutkan kosa kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dengan tepat
4.5.4 Menggunakan kosakata tentang
olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
SBdP
Kompetensi
Dasar (KD)
3.2 Memahami elemen musik melalui
lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui
lagu
Indikator:
3.2.2 Membedakan bunyi alam dan
bunyi buatan
4.2.2 Memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan
PKN
Kompetensi Dasar:
1.2 Menerima
sikap sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah
2.2 Menerima
aturan dan tata tertib yang berlaku di rumah dan sekolah
3.2 Memahami
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.1 Menggali
informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau
berolahraga
4.2.1 Melaporkan informasi tentang
hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan
tepat.
2.
Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa
dapat menambah kosakata tentang
cara memelihara kesehatan dengan tepat dan
percaya diri.
3.
Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara
memelihara kesehatan dengan tepat.
4.
Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau
berolahraga dengan tepat.
5.
Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak
boleh dilakukan saat bermain atau
berolahraga dengan tepat.
6.
Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
7.
Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk
tangan, siswa dapat memeragakan bunyi
alam dan bunyi buatan dengan tepat dan
percaya diri.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru menyapa siswa dan mengkondisikan kelas agar siap
untuk belajar.
¡
Seorang siswa memimpin doa. (Religius)
¡
Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tepuk olahraga.
Tepuk olahraga (tepuk tangan
3x)
Badan gerak (tepuk tangan 3x)
Badan sehat (tepuk tangan 3x)
Hati senang, Hore!
Kemudian
mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan.
¡
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan
kegiatan belajar.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Menyanyikan lagu Berkibarlah Benderaku (Nasionalis)
¡
Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru. (Literasi)
¡
Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar
beberapa jenis permainan dan olahraga yang menyehatkan.
¡
Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati. (Communication)
¡
Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
• Apakah kamu suka bermain?
• Permainan apa yang kamu
sukai?
• Tahukah kamu permainan lain
yang menyehatkan?
¡
Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang
permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan
yang biasa dimainkan siswa sehari-hari. ( Collaboration)
¡
Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang
jenis-jenis olahraga dan permainan.
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang makna kata-kata yang telah dibaca.
¡
Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan
dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa. (Literasi)
¡
Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan
dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan
yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak
menyehatkan. (Critical Thinking and Problem Solving)
¡
Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. (Literasi)
¡
Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
• Siapa yang bermain lompat
tali?
• Apa yang dilakukan Siti
selesai bermain?
• Apakah kamu suka bermain di
luar rumah?
• Apa yang
kamu lakukan setelah bermain?
§
Siswa mengamati gambar dengan seksama.
§
Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar. (Mandiri)
§
Siswa membuat gambar pada gambar anak yang mematuhi
aturan.
§
Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi
aturan.
§
Siswa melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan.
§
Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya
mengenai gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap
anakanak di dalam gambar. (creativity and Innovation)
§
Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
§
Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
• Tahukah kamu bunyi peluit?
§
Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
§
Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang
terdapat pada gambar.
§
Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda
centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan. (Mandiri)
§
Guru menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang sumber-sumber
bunyi yang telah diidentifikasi dan ditirukan. ( Collaboration)
Bunyi angin,
petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di alam,
tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan bunyi-bunyian
alam.
Sedangkan bunyi
gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia, disebut
pula bunyi buatan. (creativity and Innovation)
§ Siswa
menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersamasama. (Integritas)
§ Siswa
bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
§ Guru
mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.
§ Sebagai
penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan
meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari (Integritas)
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) (Religius)
¡
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Pedoman Guru Tema : Kegemaranku Kelas
1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku
Siswa Tema : Kegemaranku Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Pensil/pensil warna/krayon/spidol
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP. …………………………….
|
Kayu Aro,......2019
Guru Kelas I
_________________________
NIP. …………………………….
|
Catatan Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengamati
Jenis-Jenis Olahraga
¡ Menggenal
Alat Olahraga
¡ Menggambar
Alat Olahraga
METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap : Pengamatan dan pencatatan sikap siswa
selama kegiatan
Penilaian Pengetahuan
- Latihan soal mengidentifikasi teks gambar kegiatan yang
menyehatkan dan tidak menyehatkan.
- Latihan
soal mengidentifikasi teks gambar tentang hal-hal yang boleh dan tidak
boleh dilakukan di rumah.
- Latihan soal mengidentifikasi bunyi-bunyian alam
dan bunyi-bunyian buatan.
Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
Melaporkan
informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, kata-kata
yang digunakan santun, dan tepat sasaran
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
2. Memeragakan bunyi alam dan bunyi
buatan
|
Bunyi sesuai dengan jenisnya (alam dan buatan), diperagakan
dengan percaya diri, suara yang lantang, dan ekspresi yang tepat.
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis (lembar kerja di buku siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
Kesesuaian gambar dengan tema
|
Gambar sesuai
dengan tema dan konkrit
|
Gambar sesuai
dengan tema meskipun belum konkrit
|
Gambar belum sesuai dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan
4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Komentar
Posting Komentar