Kelas V SD/ Materi Subtema 2 PB 1

Perpindahan Kalor di Sekitar kita

Hari ini Siti libur sekolah. Siti dan Ibu memasak bersama di dapur. Siti
membantu Ibu membuat tumis kangkung kesukaannya. Ibu meletakkan wajan
di atas kompor, kemudian menyalakan api kompor. Tidak berapa lama Ibu
menuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan. Siti diminta menunggu
wajan tersebut sampai minyak goreng di dalam wajan itu panas. Tak berapa
lama, timbul gelembung kecil dalam minyak goreng. Saat itulah Siti tahu bahwa
minyak goreng itu telah cukup panas. Siti pun memasukkan bumbu-bumbu
yang sudah dipotong ke dalam wajan. Sreeeengg!! Terdengar suara dari dalam
wajan ketika bumbu itu bertemu minyak goreng panas. Aroma bumbu pun
menyebar di seluruh ruang dapur. Hmmm!! Sedap!
Subtema 2: Perpindahan Kalor di Sekitar kita 
Ayo Berdiskusi
Pernahkah kamu melakukan kegiatan yang serupa dengan Siti dan Ibunya?
Menurutmu, sumber panas apakah yang digunakan Siti untuk memasak?
Mengapa minyak di dalam wajan itu bisa mengeluarkan gelembung kecil
tanda minyak itu sudah panas? Apa yang sebenarnya terjadi? Dapatkah kamu
menemukan peristiwa yang serupa dengan yang dialami Siti?
Ayo Membaca
Kamu telah mempelajari tentang sumber energi panas yang ada di sekitar
kita. Tentu kamu juga dapat menyebutkan sumber panas apa saja yang ada di
sekelilingmu. Kemudian pernahkah terpikir olehmu mengapa minyak di wajan
dapat memanas? Yuk, simak bacaan berikut ini dengan saksama!
Perpindahan Panas atau Kalor
Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu
mengapa api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga
sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak
sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian,
panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas
dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut
membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar
152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).
Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke
planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari.
Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah
kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang
bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat
berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi
adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda
padat. Contoh konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan
di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang
disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di
70 Buku Siswa SD/MI Kelas V
dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah
cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat
perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari
yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di
bumi.
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
Ayo Menulis
Bacaan di atas diperoleh dari sebuah buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Buku merupakan salah satu contoh media cetak yang sering digunakan
masyarakat hingga kini. Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lain yang
dijilid di salah satu sisinya dan berisi tulisan atau gambar. Buku sudah ada
sejak dahulu. Pada zaman kerajaan di Indonesia, buku disebut dengan kitab
yang berisi catatan tentang peristiwa atau hasil pemikiran seorang penulisnya
pada masa itu. Apakah kamu memiliki buku kesayangan? Ceritakanlah tentang
buku kesayanganmu kepada teman sebangkumu!
Subtema 2: Perpindahan Kalor di Sekitar kita 71
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa
kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf.
Perhatikan contoh berikut.
Paragraf Hal-Hal Penting
Satu
Api kompor dapat memanaskan air dan sayuran di dalam
panci.
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Dua
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Tiga
........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Perhatikan kembali bacaan di atas! kamu akan menemukan beberapa katakata
yang dicetak miring dan digarisbawahi. Carilah arti kata-kata tersebut
dari kamus dan buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!
Buatlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat!
Kata Arti Kalimat
api
panas
berpindah
suhu
logam
mendidih
pancaran
72 Buku Siswa SD/MI Kelas V
Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah
diagram tentang perpindahan panas yang kamu ketahui. Beberapa kata bantu
telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kalimat penting yang
mewakili setiap paragraf. Lakukanlah kegiatan ini bersama dengan teman
sebangkumu!
Perpindahan Panas atau Kalor
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
Terjadi dengan 3
cara dan contohnya
Ditunjukkan dengan
peristiwa
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf.
Gunakan kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat.
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
Ternyata,
panas dapat berpindah
dengan beberapa cara, ya!
Setelah membaca bacaan itu
saya jadi lebih mengerti.
Subtema 2: Perpindahan Kalor di Sekitar kita 73
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!
Saya
juga, Din. Apalagi dibantu
dengan mencari kata kunci dan hal
penting bacaan, saya semakin mengerti dengan
apa yang kubaca. Hmmm… sebenarnya saya
masih penasaran dengan cara perpindahan
panas itu. Bagaimana kalau kita cari tahu
cara perpindahan panas itu secara
detil!
Idemu
menarik, Siti! Saya
juga penasaran, karena
kupikir hal itu terjadi sehari-hari
di sekitar kita. Mungkin kita tidak
menyadarinya. Yuk, kita cari
sumber bacaannya.
Perpindahan Kalor Secara Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor
secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat
perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang
berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor
secara konduksi terjadi pada zat padat.
74 Buku Siswa SD/MI Kelas V
Agar kamu lebih mudah memahami peristiwa konduksi, mari kita
lakukan kegiatan ini. Peristiwa konduksi dapat diumpamakan dengan
kegiatan memindahkan buku secara estafet yang dilakukan oleh kamu
dan teman-temanmu. Buku yang dipindahkan secara estafet kita
upamakan sebagai kalor dan orang yang memindahkannya sebagai zat
perantaranya. Ketika kamu dan teman-temanmu memindahkan buku
secara estafet, yang berpindah hanya buku itu saja. Sedangkan kamu
dan temanmu sebagai perantara tetap diam di tempat, tidak berpindah.
Begitu pula dengan peristiwa konduksi. Hanya kalor yang berpindah, zat
perantaranya tetap.
Saat kamu membuat teh dan memegang salah satu ujung sendok yang
dimasukkan ke dalam air panas apa yang terjadi? Lama-kelamaan ujung
sendok yang kamu pegang juga akan terasa panas. Peristiwa tersebut
merupakan salah satu contoh perpindahan kalor secara konduksi. Pada
perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda
bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah.
Peristiwa konduksi juga dapat kamu jumpai pada saat kamu memasak.
Pada saat kamu menggoreng, ujung spatula yang kamu pegang akan
terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor.
Setrika listrik merupakan alat yang cara kerjanya menggunakan
prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika setrika dihubungkan
dengan arus listrik maka arus listrik akan mengalir melalui elemen
pemanas. Panas dari elemen akan berpindah kebagian alas besi setrika
yang tebal.
(Sumber : IPA BSE Kelas 7, Pusbuk 2010 dengan penyesuaian)
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!
1. Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di
dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah
kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Subtema 2: Perpindahan Kalor di Sekitar kita 75
Paragraf Hal-Hal Penting dari Bacaan
Pertama
Kedua
Ketiga
Keempat
Kelima
2. Gambarkanlah cara perpindahan panas secara konduksi menurut
pemahamanmu berdasarkan keterangan pada bacaan!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3. Tuliskanlah beberapa contoh peristiwa perpindahan panas secara konduksi
berdasarkan bacaan di atas! Lalu tambahkanlah beberapa contoh serupa
yang kamu jumpai dalam kehidupanmu sehari-hari!
Contoh perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan:
1. ................................................................................................................
2. ................................................................................................................
3. ................................................................................................................
Contoh perpindahan panas secara konduksi yang kamu temui dalam
kehidupan sehari-hari:
1. ................................................................................................................
2. ................................................................................................................
3. ................................................................................................................
76 Buku Siswa SD/MI Kelas V
Ayo Mencoba
Peristiwa perpindahan panas secara konduksi dapat kita jumpai sehari-hari di
sekitar kita. Kali ini kamu akan mengamati dan melakukan percobaan untuk
membuktikan perpindahan panas secara konduksi. Lakukan kegiatan berikut
ini dengan mengikuti petunjuknya secara saksama.
Menyelidiki Perpindahan Panas secara Konduksi
Alat dan Bahan yang Diperlukan:
1. Sebuah sendok dari logam
2. 200 mL air hangat
3. Sebuah gelas bening
Cara Kerja:
1. Masukkan air hangat ke dalam gelas bening.
2. Masukkan sendok ke dalam gelas yang berisi air hangat.
3. Setelah beberapa saat peganglah ujung sendok dengan
tanganmu.
4. Tetaplah memegang ujung sendok selama lebih kurang
2—3 menit.
5. Catatlah apa yang kamu rasakan.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Catatan: Mintalah bantuan orang
dewasa untuk mempersiapkan dan
menuang air hangat ke dalam gelas.
Subtema 2: Perpindahan Kalor di Sekitar kita 77
Setelah melakukan kegiatan di atas, jawablah pertanyaan berikut sebagai
panduan membuat kesimpulan.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang kamu rasakan setelah memegang sendok yang dimasukkan
dalam air hangat?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Mengapa ujung sendok yang kamu pegang terasa panas?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini?
Mengapa disebut demikian?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Kesimpulan
Peristiwa penghantaran panas di mana zat perantaranya tidak ikut berpindah
disebut ...............................................................................................
Ayo Renungkan
1. Apa saja pengetahuan baru yang kamu dapatkan pada kegiatan
pembelajaran hari ini?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Sebutkanlah beberapa hal dari kegiatan pembelajaran hari ini yang ingin
kamu ketahui lebih dalam.
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
78 Buku Siswa SD/MI Kelas V
3. Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada
pembelajaran hari ini?
.......................................................................................................................
.....................................................................................................................

Komentar