Silabus Kals 5 SD Tahun Pelajaran 2020/2021

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah     :             SD N 18 Batang Barus

Kelas / Semester :             V / 1

Tema 1                :             Organ Gerak Hewan dan Manusia

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

 

SUB TEMA 1 PB 1

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

     ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

     ide pokok menjadi sebuah paragraf.

     pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

§  Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.

§  Mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan

§  Berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

 

Sikap

Pengetahuan

Ide pokok, dan organ gerak manusia dan

hewan.

Keterampilan

 

3jam

Tema 1 buku guru dan buku siswa revisi  2017

Percaya diri, peduli, tanggung jawab,

disiplin.

IPA

 

 

3 jam

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

     organ gerak hewan dan manusia.

§  Membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan

§  Mengetahui organ gerak manusia dan hewan.

§  Mengetahui fungsi organ gerak.

§  Mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan

SBdP

 

 

3.1 Memahami gambar cerita.

4.1 Membuat gambar cerita.

     gambar cerita tentang kelinci.

     Menceritakan gambar tentang kelinci.

§  Setelah memahami tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian gambar untuk kemudian menyusun menjadi sebuah cerita.

§  Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dalam mengartikan gambar.

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.

3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

¡  Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai denga nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.

¡  Menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.

 

 

§  Membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila

§  Menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1   Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1   Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

     contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.

 

 

§  Menyebutkan luas dan letak wilayah Indonesia

§  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris

§   

§   

§   

§   

Subtema 2

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

¡  ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

 

¡  Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.

¡  Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

¡  Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

¡   

¡   

¡   

¡   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

¡  gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.

§  Mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak.

 

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.1 Memahami gambar cerita.

4.1 Membuat gambar cerita.

¡  Berkreasi membuat sampul buku.

 

§  Menjelaskan salah satu jenis gambar ilustrasi, yaitu gambar cover.

§  Memahami arti dan unsur-unsur gambar cover.

§  Mencoba membuat gambar cover berdasarkan bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.

§   

§   

§   

§   

PPKN

 

 

 

 

 

 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.

3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

¡  peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.

¡  tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta.

 

§  Berdiskusi membandingkan nikai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila.

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

¡  Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.

¡  Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi.

 

§  Mengamati gambar peta tentang kepadatan penduduk di Indonesia.

§  Memberikan penjelasan mengenai kepadatan penduduk di Indonesia.

§  Bertanya dan memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru.

§  Menjawab pertanyaan pada buku siswa yang berkaitan dengan peta yang sudah diamatinya.

§   

§   

§   

§   

 

SUB TEMA 3

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.

¡  Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.

 

§  Membaca teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat".

§  Menuliskan ide pokok dari masingmasing paragraf.

 

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

¡  Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.

¡  Membuat model penderita kelainan tulang.

§  Mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.

§  Membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.1 Memahami gambar cerita.

4.1 Membuat gambar cerita.

¡  Mengamati gambar berbagai kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.

 

§  Mengamati contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan.

§  Menarik kesimpulan tentang gambar komik berdasarkan hasil pengamatannya terhadap contoh.

§  Merumuskan pengertian komik secara bersama-sama.

§  Mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan pada buku siswa.

§   

§   

§   

§   

 

 

 

 

PPKN

 

 

 

 

 

 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.

3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

¡  Membuat laporan tentang perilaku yang seusai dengan nilai-nilai Pancasila.

 

§  Menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila

§  Mengidentifikasikan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila.

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

¡  Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.

 

§  Mengidentifikasi kekayaan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seerta pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai Negara maritim terhadap kehidupan ekonomi masyarakat

§  Menyebutkan berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

§  Membuat kliping pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.

§   

§   

§   

§   

 

 

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   2019

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah     :             SD N 18 Batang Barus

Kelas / Semester :             V / 1

Tema 2                :             Udara Bersih bagi Kesehatan

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

 

SUB TEMA 1

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku.

¡  Menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa

 

§  Membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”.

§  Mengamati peta pikiran (mind map) pada buku siswa, kemudian menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pada peta pikiran tersebut.

Sikap

Pengetahuan

Ide pokok, dan organ gerak manusia dan

hewan.

Keterampilan

 

3jam

Tema 1 buku guru dan buku siswa revisi  2017

Percaya diri, peduli, tanggung jawab,

disiplin.

IPA

 

 

 

 

 

 

3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

4.2. Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

¡  Menemukan informasi tentang organ-organ pernapasan hewan

 

§  Mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ pernapasan hewan (cacing tanah, serangga, ikan, hewan amfibi, reptil, burung, dan mamalia).

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami tangga nada

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan music

¡  Menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor

 

§  Mencermati teks informasi tentang ciri-ciri lagu tangga nada diatonis mayor.

§  Menyebutkan pengertian dan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor.

§  Menyanyikan lagu “Hari Merdeka” dengan bimbingan guru.

§  Bermain alat musik sederhana

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

¡  Menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat

 

§  Membaca teks “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”.

§  Berdasarkan teks “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat” siswa menceritakan makna tanggung jawab sebagai masyarakat.

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

¡  Mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan dan kehutanan, perikanan, pertambangan dan perindustrian.

 

§  Membaca teks bacaan “Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat” untuk mengetahui jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, perikanan, pertambangan, dan perindustrian.

§  Menandai informasi-informasi penting dalam bacaan. Kegiatan ini ditujukan untuk memahamkan kepada siswa tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia

§   

§   

§   

§   

 

SUB TEMA 2

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

¡  Mempresentasikan informasi dari teks bacaan terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.

 

§  Membaca salah satu teks berita pada Buku Siswa.

§  Membuat daftar kosakata baru dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.

4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

¡  Menemukan informasi tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia

¡  Membuat bagan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia

 

§  Membaca teks tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.

§  Membuat bagan/diagram/model tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia dari informasi pada teks bacaan.

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah

4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

¡  Menyebutkan karya tari daerah menggunakan properti

 

¡  Dengan menyimak penjelasan dan mencermati gambar dan teks informasi, siswa mampu menyebutkan karya tari daerah menggunakan properti

¡  Dengan membuat kliping, siswa mampu menyajikan gambar karya tari daerah menggunakan properti

¡  Dengan mengikuti contoh dari video tari atau bimbingan guru tari, siswa mampu menyiapkan karya tari daerah menggunakan properti

¡   

¡   

¡   

¡   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

¡  Membedakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

 

¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan masyarakat sesuai hasil musyawarah sebagai perwujudan tanggung jawab warga masyarakat

¡  Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

 

¡   

¡   

¡   

¡   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

¡  Dengan membaca teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri maupun kelompok.

 

§  Membaca teks bacaan “Jenis-Jenis Usaha Dikelola Sendiri ataupun Berkelompok” untuk mengetahui jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia yang dikelola sendiri atau berkelompok.

 

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 3

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana

4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

¡  Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang karya gambar cerita

 

§  Siswa mengamati gambar dan membaca teks bacaan yang disediakan. Mandiri

§  Dengan bimbingan guru, siswa berdiskusi mengenai kesesuaian gambar dengan inti cerita. Collaboration

§  Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Selanjutnya, tiap-tiap kelompok membacakan hasil diskusinya untuk dibandingkan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain. Gotong Royong

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia

4.2. Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

¡  Dengan membaca teks, siswa mampu membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan

 

§  Siswa mencermati teks bacaan cara memelihara organ pernapasan. Mandiri

§  Siswa membuat poster dengan tema merawat organ pernapasan. Siswa membuat sketsa gambar poster dan dilanjutkan dengan memberi warna pada gambar poster.

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.1 Memahami gambar cerita

4.1 Membuat gambar cerita

¡  Dengan mencermati penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri gambar cerita

¡  Dengan mengingat pengalaman yang berkesan atau menentukan suatu tema, siswa mampu membuat gambar cerita

 

§  Siswa mengamati salah satu contoh karya gambar cerita.

§  Guru memberi pertanyaan kepada siswa mengenai ciri-ciri karya gambar cerita. Guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut secara bergantian. Mandiri

§  Contoh jawaban pertanyaan tentang ciri-ciri karya gambar cerita.

§  Siswa menentukan satu tema untuk gambar cerita.

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

¡  Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri

 

§  Siswa membaca teks tentang kegiatan yang dilakukan pemulung. Literasi

§  Siswa berdiskusi mengenai kegiatan yang dilakukan pemulung dan cara menghargai kegiatan para pemulung. Gotong Royong

§  Siswa membaca teks mengenai menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari

4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

¡  Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menjelaskan contoh sikap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi jika tanggung jawab tidak dilaksanakan

 

§  Guru membimbing siswa untuk menanamkan rasa tanggung jawab sejak dini. Nasionalis

§  Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai akibat tidak melaksanakan tanggung jawab di sekolah, rumah, dan di masyarakat. Collaboration

§  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian. Gotong Royong

 

§   

§   

§   

§   

                 

 

 

             

 

 

 

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   2019

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah     :             SD N 18 Batang Barus

Kelas / Semester :             V / 1

Tema 3                :             Makanan Sehat

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

 

Sub Tema 1

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

¡  Mengamati gambar iklan yang disajikan, siswa mampu mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak

¡  Menuliskan hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu melaporkan hasil pengamatannya

 

§  Guru memimpin diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang dialog sarapan yang dibaca oleh siswa sebelumnya dengan gambar-gambar iklan yang disajikan di Buku Siswa. Gotong Royong

§  Siswa mengamati dan mencermati gambar iklan yang disajikan.

 

Sikap

Pengetahuan

Ide pokok, dan organ gerak manusia dan

hewan.

Keterampilan

 

3jam

Tema 1 buku guru dan buku siswa revisi  2017

Percaya diri, peduli, tanggung jawab,

disiplin.

IPA

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

¡  Mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu memukan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan

¡  Berdiskusi dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya 

 

§  Siswa membaca dan mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran, dengan memberi penekanan pada kata sistem pencernaan. Literasi

§  Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ pencernaan hewan (sapi). Literasi

§  Siswa dengan bimbingan guru menggarisbawahi kosakata baru yang mereka temukan dalam bacaan, dan bersama-sama dalam diskusi kelas membahas kosakata baru tersebut. Mandiri

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami tangga nada.

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan music

¡  Menyimak penjelasan dan mencermati teks informasi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor

¡  Menyanyi dan mengiringi nyanyian dengan alat musik, siswa mampu bermain alat musik sederhana.

§  Guru menjelaskan tentang tangga nada mayor dan minor.

§  Siswa menyimak penjelasan guru dan mencermati teks informasi tentang ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor dan minor.

 

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.3 Mensyukuri keragaman social masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

2.3 Bersikap toleran dalam keragaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

3.3 Menelaah keragaman social budaya masyarakat

4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keragaman  sosial budaya masyarakat

¡  Mengamati lingkungan sekitar, melaporkan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan mendeskripsikan keragaman

¡  Membuat cerita bergambar dan menyajikan hasil pengamatan tentang keanekaragaman di lingkungan sekitar

§  Guru melanjutkan diskusi kelas tentang interaksi manusia dan mengaitkannya dengan lingkungan sosial yang dimiliki oleh manusia, dan bagaimana keragaman ditemukan di hampir semua aspek kehidupan. Gotong Royong

§  Guru meminta siswa untuk mengingat kembali tentang contoh interaksi sosial manusia yang pernah mereka lihat di lingkungan sekitar mereka.

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

 

 

¡  Membaca teks bacaan dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya

 

§  Siswa menggali informasi dari bacaan yang disajikan.

§  LiterasiBacaan teks ditujukan untuk memberikan stimulus diskusi tentang gambaran interaksi manusia dengan lingkungannya dan keragaman dalam masyarakat

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

 

Sub Tema 2

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

¡  Mengamati dan mendemonstrasikan iklan media elektronik, dan mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik

 

§  Guru menggunakan percakapan yang disajikan dalam Buku Siswa halaman 46, sebagai pembuka untuk berdiskusi tentang iklan pada media baik media cetak maupun media elektronik. Literasi

§  Siswa berdiskusi dalam kelas dan mengemukakan contoh-contoh iklan yang pernah mereka lihat dan mengategorisasikan iklan tersebut ke dalam iklan media cetak atau iklan media elektronik. Collaboration

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

¡  Mencermati teks bacaan dan membuat poster, dan menjelaskan macam-macam gangguan pada organ pencernaan

 

§  Siswa mencermati teks percakapan yang disajikan dalam Buku Siswa, dimana dalam percakapan tersebut disebutkan salah satu contoh gangguan pada organ pencernaan manusia. Literasi

§  Siswa dibagi dalam kelompok dan mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang macam-macam gangguan organ pencernaan manusia

§  Guru menggunakan poster tentang kolera yang disajikan dalam Buku Siswa sebagai bahan untuk melanjutkan ke kegiatan berikutnya yang merupakan kegiatan IPA yaitu membuat larutan cairan oralit. Mandiri

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.3 Memahami pola lantai dalam kreasi tari daerah

4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

¡  Berdiskusi bersama kelompok, dan mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan • Mencermati teks bacaan, siswa mencari informasi tentang properti tari

§  Guru dapat menggunakan pembahasan tentang hal-hal yang digunakan dalam menambah daya tarik iklan media elektronik termasuk tarian daerah sebagai jembatan untuk meneruskan kegiatan SBdP tentang properti tari. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mencermati bacaan yang disajikan dalam buku siswa tentang properti tari.

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.3 Mensyukuri keberagaman social masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

3.3 Menelaah keberagaman social budaya masyarakat

4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

¡  Melakukan wawancara, dan menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar

 

§  Guru memimpin diskusi kelas dan mengarahkan diskusi pada pemahaman bahwa masyarakat Indonesia terbentuk dari keragaman, salah satunya dalah keragaman adat istiadat. Collaboration

§  Siswa diminta untuk melakukan wawancara ke beberapa teman sekelasnya untuk mencari informasi tentang kebiasaan/adat istiadat yang mereka miliki dalam keluarga mereka. Critical Thinking and Problem Solving

 

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

¡  Mengamati gambar, dan mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya

¡  Mengamati lingkungan sekitar, dan membuat laporan hasil pengamatan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya

 

§  Guru menekankan pada kalimat “Amatilah lingkungan sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang dapat kamu temukan yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi serta dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakatnya”.

§  Siswa menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk laporan. Mandiri

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 3

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

¡  Memperagakan iklan elektronik, menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan tersebut

 

§  Siswa mencermati dan membaca naskah iklan elektronik tentang obat gangguan pencernaan. Mandiri

§  Dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya, siswa diminta untuk menjelaskan isi iklan dan mengidentifikasikan keunggulan produk barang yang diiklankan  Critical Thinking and Problem Solving

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

¡  Membuat karya poster, mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia

§  Jelaskan pada siswa bahwa poster ini nantinya akan digunakan sebagai penunjang pembelajaran ketika siswa mempelajari tentang penyakit pada organ pencernaan manusia. Communication

§  Siswa diminta untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai perbedaan gangguan dan penyakit sistem pencernaan dan memberikan contohnya. Critical Thinking and Problem Solving

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.4 Memahami karya seni rupa daerah

4.4 Membuat karya seni rupa daerah

¡  Mencermati dan mengemas teks informasi dan mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah dan fungsinya.

 

§  Siswa mencari informasi tentang berbagai macam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahnya dan juga daerah-daerah lain di Indonesia, informasi dapat dicari dari majalah, koran, internet, bertanya kepada guru dan orang tua. Literasi

§  Siswa mengolah informasi yang mereka dapatkan dalam bentuk laporan berita seperti bentuk berita di koran. Mandiri

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

¡  Menggali informasi dari bacaan, mengidentifikasi pembangunan sosial budaya di Indonesia

 

§  Guru menggunakan topik petani bahan diskusi tentang pentingnya nilai kebersamaan dalam keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunan. Collaboration

§  Siswa membaca dan mencermati informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan, guru memberikan panduan kepada siswa untuk menggarisbawahi informasiinformasi yang berkaitan dengan bentukbentuk keragaman dan pembangunan sosial budaya dalam masyarakat. Communication

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.3 Mensyukuri keberagaman social masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

3.3 Menelaah keberagaman social budaya masyarakat

4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

¡  Melakukan refleksi, menjawab pertanyaan tentang kerja sama dalam kelompok, menyebutkan pentingnya keaneka ragaman dan menguraikan contoh cerita tentang arti pentingnya memahami keaneka ragaman budaya

 

§  Guru memandu siswa untuk melakukan diskusi dengan menggunakan hasil refleksi mereka baik refleksi diri maupun kelompok. Collaboration

§  Diskusi diarahkan pada pemahaman tentang pentingnya keanekaragaman.

§  Siswa menguraikan jawabannya tentang arti pentingnya memahami keanekaragaman. Mandiri

§  Guru dapat memberikan pertanyaan tambahan dengan meminta siswa mengaitkan jawaban mereka dengan konsep yang lebih besar yaitu pentingnya keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunan. Nasionalis

§   

§   

§   

§   

 

 

             

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   2019

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah     :             SD N 18 Batang Barus

Kelas / Semester :             V / 1

Tema 4                :             Peredaran Darahku Sehat

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

 

Sub Tema 1

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

¡  Membaca pantun

¡  Menjelaskan pengertian pantun.

 

§  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan meminta salah satu siswa membacakan pantun pada buku siswa dengan suara nyaring. Communication

§  Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan: Apa isi pantun yang dibacakan temanmu?

§  Siswa mengembangkan jawaban mengenai isi pantun yang dibacakan temannya secara mandiri dalam kaitannya dengan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mandiri

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.

¡  Mengamati gambar organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.

¡  Menuliskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.

 

§  Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati gambar peredaran darah pada manusia. Mandiri

§  Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah. Mandiri

§  Guru menjelaskan kepada siswa bahwa peredaran darah pada manusia ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Communication

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami tangga nada.

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

¡  Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.

 

§  Siswa diminta mencari informasi tentang tangga nada. Mandiri

§  Pada kegiatan AYO MENULIS: Siswa telah memahami ciri-ciri tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kemudian, siswa diminta mencari tahu lagu-lagu yang menggunakan tangga nada mayor dan tangga nada minor. Communication

§  Siswa diminta menuliskan judul lagu-lagu yang menggunakan tangga nada mayor dan tangga nada minor dalam bentuk tabel. Mandiri

§  Selanjutnya, siswa diminta memilih salah satu lagu untuk dinyanyikan sambil bermain alat musik sebagai iringannya.

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

¡  Menjelaskan makna tanggung jawab

 

§  Pada kegiatan AYO MENGAMATI: secara mandiri siswa diminta untuk mengamati pelaksanaan rapat yang diikuti warga satu RT attau warga satu RW di lingkungan tempat tinggalnya. Communication

§  Siswa diminta untuk mengamati apa yang dibahas dalam rapat tersebut.

§  Selain itu, siswa juga diminta untuk mengamati apakah warga masyarakat sudah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik.

§  Siswa diminta menuangkan hasil pengamatan dalan bentuk tulisan.

 

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

¡  Mengamati interaksi manusia dengan lingkungannya.

 

§  Pada kegiatan AYO MENCARI TAHU: Siswa telah memahami bahwa interaksi sosial tidak selamanya mengarah pada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua, yaitu interaksi sosial yang mengarah pada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan. Communication

§  Selanjutnya, siswa diminta untuk mencari tahu contoh interaksi sosial yang mengarah pada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan. Nasionalis

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 2

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

¡  Menunjukkan ciri-ciri pantun yang di buat

 

§  Pada kegiatan AYO BERKREASI: selesai melakukan kegiatan membaca pantun, siswa membuat pantun berisi pentingnya menjaga organ peredaran darah. Mandiri

§   Setelah membuat pantun, siswa mengidentifikasi ciri-diri pantun buatannya lalu menunjukkan kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.

¡  Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran manusia

 

§  Siswa membaca narasi di buku siswa mengenai gangguan pada organ peredaran darah. Literasi

§  Pada kegiatan AYO MENULIS: siswa mencari tahu berbagai penyebab dan jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia. Mandiri

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.3 Memahami properti tari daerah.

4.3 Memeragakan penggunaan properti tari daerah.

¡  Mengamati berbagai gambar karya tari.

¡  Menjelaskan arti pola lantai dan properti dalam karya tari.

¡  Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.

 

§  Siswa mengamati gambar tarian pada buku siswa.

§  Kemudian, siswa menuliskan nama-nama properti tari yang digunakan penari pada gambar. Mandiri

§  Siswa menuliskan jawabannya pada kotak yang pada buku siswa.

§  Siswa diminta untuk menyebutkan nama karya tari pada gambar dan memperagakan menggunakan properti.

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

¡  Menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat.

¡  Mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

 

§  Siswa menuliskan pendapatnya mengenai hal yang akan dilakukan apabila di lingkungannya akan diadakan pemilihan ketua RW.

§  Siswa menuliskan jawabannya pada kotak yang pada buku siswa.

§  Siswa lalu mengungkapkan pendapatnya mengenai makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

¡  Mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan.

¡  Mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya.

 

§  Siswa membaca teks mengenai interaksi manusia dan lingkungan pada buku siswa.

§  Siswa mampu mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia. Creativity and Innovation

 

 

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 3

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

¡  Isi pantun yang disajikan secara lisan

 

§  Guru bersama-sama dengan siswa membaca pantun pada buku siswa.

§  Selesai membaca, siswa mencermati pantun dengan seksama. Mandiri

§  Guru bersama-sama siswa mengidentifikasi ciri-ciri pantun. Critical Thinking and Problem Solving

 

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.

4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia.

 

¡  Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia.

 

§  Siswa membaca bacaan tentang cara-cara memelihara kesehatan peeredaran darah dalam tubuh, selain bersepeda. Literasi

§  Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan cara-cara memelihara kesehatan peredaran darah dalam tubuh. Creativity and Innovation

§   

§   

§   

§   

SBdP

 

 

 

 

 

 

3.1 Memahami gambar cerita.

4.1 Membuat gambar cerita.

¡   Mengidentifikasi gambar cerita

¡   Membuat contoh satu adegan gambar cerita

 

§  Siswa menuliskan kembali pemahamannya mengenai pengertian cerita bergambar pada buku siswa. Mandiri

§  Guru secara interaktif dan menarik menjelaskan langkah-langkah dalam membuat cerita bergambar.

§  Guru mempraktikkan setiap langkah dalam membuat gambar cerita. Communication

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

¡  Mengamati gambar gotong royong.

¡  Mengamati pelaksanaan musyawarah, untuk penerapan tanggung jawab dalam masyarakat.

 

§  Pada kegiatan AYO MEMBACA siswa membaca bacaan tentang tanggung jawab warga masyarakat. Literasi

§  Pada kegiatan, AYO MENULIS Secara mandiri, siswa membuat kesimpulan dengan menyebutkan tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat berdasarkan isi bacaan. Critical Thinking and Problem Solving

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia..

¡  Membaca bacaan tentang interaksi sosial.

 

§  Siswa membaca bacaan tentang interaksi sosial.

§  Melalui bacaan, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur interaksi sosial di berbagai bidang kehidupan. Creativity and Innovation

 

§   

§   

§   

§   

 

 

             

 

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   2019

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah     :             SD N 18 Batang Barus

Kelas / Semester :             V / 1

Tema 5                :             Ekosistem

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

 

Sub Tema 1

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.7 Menguraikan konsepkonsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

¡  Mencermati teks nonfiksi yang disajikan.

¡  Menyimak penjelasan dan mencermati teks bacaan.

 

§  Siswa membaca teks dengan saksama bacaan tentang Ekosistem. Literasi

§  Siswa mengemukakan dan menuliskan pokok pikiran serta informasi penting yang ditemui di setiap paragraf bacaan .

§  Guru memberikan penjelasan kembali tentang “pokok pikiran”.

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.5. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.

¡  Membuat bagan

¡  Melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi.

 

§  Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang jenis makanan hewan. Literasi

§  Siswa bersama dengan kelompoknya, mencari gambar hewan-hewan dari majalah atau surat kabar. Kemudian, siswa diminta mengklasifikasikan hewan-hewan yang ditemui berdasarkan jenis makanannya.

§   

§   

§   

§   

SBDP

 

 

 

 

 

 

3.2 Memahami tangga nada.

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

¡  Menyanyikan lagu bertemakan hewan, siswa mampu mengenal perbedaan tangga nada mayor dan minor.

 

§  Siswa menyebutkan lagu-lagu bertema hewan yang mereka ketahui. Creativity and Innovation

§  Siswa mendiskusikan tentang tangga nada yang terdapat dalam lagu tersebut, mayor atau minor

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social budaya.

3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.

4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.

¡  Mencermati teks bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan sehubungan dengan bacaan dan membuat poster tentang Sumpah Pemuda.

 

§  Membaca teks bacaan tentang peristiwa Sumpah Pemuda (satu siswa membaca satu paragraf).

§  Siswa melanjutkan membaca teks bacaan. Literasi

§  Guru memimpin pembacaan isi Sumpah Pemuda di depan kelas yang kemudian diikuti oleh seluruh siswa. Communication

§  Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengingat isi Sumpah Pemuda.

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan /maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

¡  Menyimak penjelasan tentang pembuatan peta

§  Siswa diminta untuk mengamati komponen-komponen yang ada peta tersebut. Mandiri

§  Guru secara acak menunjuk beberapa siswa untuk mengulas kembali tentang skala dalam peta.

§  Siswa diminta untuk membaca tahapan-tahapan dalam pembuatan peta. Pastikan siswa mengerti kegiatan yang perlu mereka lakukan sebelum mereka memulai membuat peta masing-masing. Literasi

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 2

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.7 Menguraikan konsepkonsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

 

¡  Mendiskusikan asal energi pada makhluk hidup, siswa mampu menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem.

 

§  Siswa memilih salah satu hewan yang terdapat dalam gambar dan membuat teks nonfiksi tentang rantai makanan. Literasi

§  Siswa menggunakan perbendaharaan kata yang terdapat dalam kotak yang sudah disediakan dalam teks nonfiksi.

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.

¡  Menggunakan hasil diskusi, pengetahuan dan gambar tentang rantai makanan, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang salah satu ekosistem.

 

 

§  Siswa mengamati gambar rantai makanan dan memberi penjelasan mengenai gambar tersebut. Mandiri

§  Siswa kemudian mendiskusikan tentang hubungan antara aliran energi dengan rantai makanan. Collaboration

§  Siswa membuat contoh rantai makanan dalam sebuah ekosistem.

§   

§   

§   

§   

SBDP

 

 

 

 

 

 

3.3 Memahami properti tari daerah.

4.3 Meragakan penggunaan properti tari daerah.

¡  Menyimak penjelasan guru tentang properti tari daerah, siswa mampu mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lainnya di Nusantara yang menggunakan properti tari.

 

§  Siswa membaca teks tentang beberapa tarian Nusantara. Literasi

§  Siswa mencari informasi tentang properti yang dipakai di beberapa tarian daerah dan mengisi tabel yang tersedia dalam kelompokkelompok kecil. Mandiri

§  Siswa diperkenankan saling berdiskusi tentang properti tarian daerah lain dengan kelompok lain untuk melengkapi tabel. Collaboration

§   

§   

§   

§   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social budaya.

3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

¡  Membaca teks bacaan tentang Proklamasi, siswa mampu membuat lini masa tentang sejarah Proklamasi.

¡  Mengenal Proklamasi sebagai salah satu peristiwa bersejarah bangsa, siswa mampu memainkan peran dalam drama Proklamasi.

 

§  Siswa membaca dengan saksama bacaan tentang peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI. Literasi

§  Siswa secara bersama-sama diminta untuk membaca dengan lantang teks Proklamasi yang terdapat dalam bacaan. Integritas

§  Guru melakukan diskusi berdasarkan jawaban dan bacaan tentang Proklamasi.

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

¡  Mencermati artikel singkat tentang subak di Bali, siswa mampu mendiskusikan karakteristik penduduk di wilayah pertanian di Bali.

¡  Mengamati lingkungan sekitar sekolah, siswa mampu menuliskan karakteristik kenampakan alam.

 

§  Guru dapat mengajukan pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang subak dan pertanyaan siswa tentang subak.

§  Siswa kemudian mencermati dengan saksama teks bacaan tentang sistem subak di Bali.

§  Siswa menemukan hal-hal penting dalam bacaan tersebut. Mandiri

§  Siswa menganalisis konsep dalam bacaan dengan menuliskan pokok pikiran utama dari setiap paragraf pada bacaan. Siswa menuliskan juga informasi penting yang mendukung pikiran utama dalan sebuah tabel. Critical Thinking and Problem Solving

§   

§   

§   

§   

 

Sub Tema 3

 

 

 

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

§  Mencermati teks bacaan yang disajikan

§  Secara acak, siswa ditunjuk untuk membaca dan mencermati teks bacaan yang disajikan, Literasi

§  Siswa mencermati teks bacaan kembali, kemudian siswa:

-       Menemukan dan mencari arti dari kosakata baru.

-       Menemukan informasi-informasi penting dalam setiap paragraf.

§   

§   

§   

§   

IPA

 

 

 

 

 

 

3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.

§  Mengamati gambar yang ada

§  Secara berkelompok, siswa diminta untuk menyajikan jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem yang telah ditentukan oleh guru. Gotong Royong

§  Siswa diminta untuk menunjuk satu orang ketua kelompok yang bertugas untuk membagi dan mangatur tugas yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok.

§   

§   

§   

§   

SBDP

 

 

 

 

 

 

3.3 Memahami karya seni rupa daerah.

4.3 Meragakan penggunaan properti tari daerah.

¡  Mencermati teks bacaan

¡  Siswa mampu membuat daftar properti tari serta fungsinya.

¡  Mengamati gerakan Tari Merak bersama guru dan melatih gerakannya sehingga siswa mampu menguasai beberapa gerakan tari pada Tari Merak.

¡   

¡   

¡   

¡   

PPKn

 

 

 

 

 

 

1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social budaya.

3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun  kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

§  Mecermati gambar kegiatan gotong royong dengan saksama

§  Menjelaskan peristiwa serupa yang terjadi di sekitar tempat siswa tinggal.

§  Menjelaskan hal-hal yang memengaruhi peristiwa serupa.

§  Memberikan pendapat mengenai alasan mengapa masyarakat melakukan hal-hal yang memengaruhi peristiwa serupa.

 

§   

§   

§   

§   

IPS

 

 

 

 

 

 

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

§  Memahami manfaat kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu bentuk pengaruh letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat

§  Membuat kliping mengenai kegiatan sosial masyarakat budaya daerah di sekitar tempatnya tinggal.

§  Mempresentasikan hasil kerjanya dengan percaya diri di depan kelas.

 

§   

§   

§   

§   

 

 

 

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   2019

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

 

Nama Sekolah                   :             SDN 18 BATANG BARUS

Kelas / Semester               :             V / 1

Mata Pelajaran                :             Matematika

Bab 1                                 :             Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan cacah

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

PPK

3.1    Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

3.1.1 Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan.

4.1.1 Menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua.

 

   Bilangan berpangkat dua

§  Mengenal bilangan pangkat dua

§  Mencari ciri-ciri bilangan pangkat dua

§  Menetukan bentuk dan contoh bilangan pangkat dua

§   

§   

§   

§   

3.1    Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

3.1.2 Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan berpangkat dua.

4.1.2 Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.

   Menentukan bilangan berpangkat dua menarik akar pangkat dua

§  Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua dengan kelompoknya.

§  Mencari hasil penarikan perpangkatan akar kuadrat

§   

§   

§   

§   

3.1    Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah;

3.1.3 Mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan.

4.1.3 Menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga.

   Bilangan pangkat tiga

§  Mencari bilangan pangkat tiga sebanyak-banyaknya

§  Menarik akar bilangan pengkat tiga

§   

§   

§   

§   

Bab 2                   :             Operasi Bilangan Pecahan

 

§   

§   

§   

§   

§   

3.2 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

3.2.1 Menjelaskan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

4.2.1 Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

Penjumlahan dua bilangan pecahan dengan penyebut berbeda.

§  Siwa mengingat cara menyamalakan penyebut dengan berbeda dengan KPK

§  Menjumlahkan dua bilangan pecahan dengan menyamakan penyebut

§   

§   

§   

§   

3.2 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

3.2.2 Menjelaskan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

4.2.2 Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

   Pengurangan dua bilangan pecahan berbeda penyebutnya

§  Mengurangkan dua bilangan pecahan dengan menyamakan penyebut

§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan pecahan dengan penyebut berbeda

§   

§   

§   

§   

Bab 3    :             Perkalian dan Pembagian Pecahan

 

§   

§   

§   

§   

§   

3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan.

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan.

3.3.1 Melakukan perkalian pecahan dengan bilangan bulat.

4.3.1 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian pecahan bilangan bulat.

   Perkalian pecahan dengan bilangan bulat

§  Mendampingi siswa dalam menyelesaikan perkalian bilangan bulat

§  Menyusun langkah-langkah penyelesaian permasalahan perkalian pecahan dengan bilangan bulat

§   

§   

§   

§   

3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan.

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan.

3.3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian pecahan dengan pecahan.

4.3.2 Menyelesaikan permasalahan perkalian dengan pecahan

   Perkalian Pecahan dengan pecahan

§  Mengamati dan memahami aturan perkalian dua bilangan pecahan

§  Menyelesaikan soal tentang perkalian dua bilangan pecahan dengan aturan yang tepat

 

§   

§   

§   

§   

3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan.

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan.

3.3.3 Menentukan hasil perkalian pecahan dengan desimal.

4.3.3 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian pecahan dengan desimal.

   Perkalian pecahan dengan decimal

§  Mendiskusikan hasil perkalian pecahan dengan desimal

§  Menyimpulkan perkalian pecahan dengan desimal

§   

§   

§   

§   

3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan.

4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan.

3.3.4 Menentukan hasil pembagian antara pecahan biasa dengan bilangan bulat.

3.3.5 Melakukan pembagian antara pecahan biasa dengan pecahan desimal.

4.3.4 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembagaian antara pecahan biasa dengan bilangan bulat.

 

4.3.5 Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan

   Pembagian pecahan dengan desimal

§  Mendiskusikan hasil pembagian pecahan desimal

§  Menyimpulkan pembagian pecahan dengan desimal

§   

§   

§   

§   

Bab 4                   :             Kecepatan, Jarak dan Waktu

 

§   

§   

§   

§   

§   

3.4 Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu.

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu.

3.4.1 Mengenal kecepatan, jarak dan waktu.

4.4.1 Menghitung hasil bagi antara jarak dan waktu.

   Mengenal kecepatan, jarak, dan waktu

§  Mengarahkan peserta didik untuk mengenal jarak, waktu dan kecepatan.

§  Membimbing peserta didik dalam menentukan hasil bagi antar jarak dan waktu serta rumusnya

§   

§   

§   

§   

3.4 Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu.

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu.

3.4.2 Mengenal hubungan kecepatan, jarak, dan waktu.

4.4.2 Menentukan hubungan kecepatan, jarak, dan waktu.

   Hubungan kecepatan, jarak dan waktu

§  Menggunakan rumus dan mengisi tabel kecepatan, jarak, dan waktu

§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan percepatan, jarak dan waktu

§   

§   

§   

§   

Bab 5     :             Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah mata angin

 

§   

§   

§   

§   

§   

3.5 Menjelaskan posisi suatu benda dengan menggunakan akrah mata angin.

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin.

3.5.1 Membaca denah berdasarkan arah mata angin.

4.5.1 Menentukan lokasi denah.

   Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah mata angin

§  Mengamti gambar mata angin

§  Memahami arah mata angin

§  Menggambar denah

§  Menjelaskan denah

§   

§   

§   

§   

 

3.5.2 Membaca denah dan menghitung jarak.

4.5.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan rute dan denah.

   Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah mata angin

§  Membaca Denah beserta petunjuknya

§  Menceritakan rute perjalanan dari rumah ke sekolah

§   

§   

§   

§   

Bab 6                   :             Skala dan Denah

 

§   

§   

§   

§   

§   

3.6 Menjelaskan skala melaui denah.    .

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan denah.

3.6.1 Menjelaskan skala melalui denah.

4.6.1 Menggambar denah dengan mempertahankan jarak dan waktu serta berbagai kemungkinan lintasan.

   Denah ,skala dan arah mata angin

§  Menjelaskan pengertian skala

§  Menjelaskan hubungan denah dengan skala

 

§   

§   

§   

§   

3.6 Menjelaskan skala melaui denah.    .

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan denah.

3.6.2 Memecahkan masalah sederhana dalam denah

4.6.2 Menentukan skala pada peta dan jarak antara dua kota.

   Denah dan Skala arah mata angin

 

§  Mengamati gambar denah

§  Menentukan skala pada denah

§  Menggambar denah dengan mempertimbangkan skala

§   

§   

§   

§   

3.6 Menjelaskan skala melaui denah.    .

4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan denah.

3.6.3 Penggunaan skala pada denah dan permasalahannya.

4.6.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan denah.

   Penggunaan skala pada denah dan permasalahannya.

§  Menyelesaikan masalah skala

§  Menyelesaikan masalah skala

§   

§   

§   

§   

Mengetahui

Kayu Aro,    08 Juli   020

Kepala Sekolah,

Guru Kelas VB

 

 

JONRIVISMAN,S.Pd

NIRA,S.Pd.I

NIP. 19690628 199710 1 001

NIP. 19820609 201101 2 006

 


Komentar