Silabus Kals 5 SD Tahun Pelajaran 2020/2021
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SD N 18 Batang Barus
Kelas /
Semester : V
/ 1
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
SUB TEMA 1 PB 1 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual. |
ide pokok
setiap paragraf dalam bacaan. ide pokok
menjadi sebuah paragraf. pengertian,
fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan. |
§ Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari
bacaan yang telah dibacanya. § Mencoba membuat paragraf
berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan § Berdiskusi tentang pengertian,
fungsi, dan cara menentukan ide
pokok bacaan. |
Sikap Pengetahuan Ide pokok, dan
organ gerak manusia dan hewan. Keterampilan |
3jam |
Tema 1 buku guru dan buku siswa
revisi 2017 |
Percaya diri,
peduli, tanggung jawab, disiplin. |
IPA |
|
|
3 jam |
|||
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan. |
organ
gerak hewan dan manusia. |
§ Membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan § Mengetahui organ gerak manusia
dan hewan. § Mengetahui fungsi organ gerak. § Mengidentifikasi organ gerak
hewan-hewan |
||||
SBdP |
|
|
||||
3.1 Memahami gambar cerita. 4.1 Membuat gambar cerita. |
gambar
cerita tentang kelinci. Menceritakan
gambar tentang kelinci. |
§ Setelah memahami tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian gambar untuk kemudian menyusun menjadi sebuah cerita. §
Guru memberikan kebebasan
kepada siswa untuk berimajinasi dalam mengartikan gambar. |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan
rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila. 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ Mengidentifikasi
sikap-sikap yang sesuai denga nilai-nilai yang terkandung dalam sila
Pancasila. ¡ Menganilisa sikap-sikap
yang sesuai dengan sila-sila pancasila. |
§ Membaca teks tentang
nilai-nilai yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila § Menganalisis sikap-sikap yang
sesuai dengan sila-sila pancasila. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi. 4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia
sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. |
contoh
perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia. |
§ Menyebutkan luas dan letak wilayah Indonesia § Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia
sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris |
§ |
§ |
§ |
§ |
Subtema 2 Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual. |
¡ ide pokok setiap
paragraf dalam bacaan. |
¡ Membaca bacaan tentang
kegiatan bersepeda dan manfaatnya. ¡ Menentukan ide pokok
setiap paragraf dalam bacaan. ¡ Menulis dan
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. |
¡ |
¡ |
¡ |
¡ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan. |
¡ gambar yang berkaitan
dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia. |
§ Mengisi tabel mengenai
kompetensi yang sudah dipelajari,
berkaitan
dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak. |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami gambar cerita. 4.1 Membuat gambar cerita. |
¡ Berkreasi membuat
sampul buku. |
§
Menjelaskan
salah satu jenis gambar
ilustrasi, yaitu gambar cover. §
Memahami
arti dan unsur-unsur
gambar cover. §
Mencoba
membuat gambar cover berdasarkan
bacaan yang berjudul Penyandang Cacat
yang Sukses. |
§
|
§
|
§
|
§
|
PPKN |
|
|
|
|
|
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan
rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila. 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ peta asal suku-suku
bangsa yang ada di Indonesia. ¡ tentang daerah-daerah
persebaran agama di Indonesia pada peta. |
§
Berdiskusi membandingkan nikai-nilai
luhur setiap sila dalam
Pancasila. |
§
|
§
|
§
|
§
|
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. |
¡ Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa Indonesia. ¡ Mengamati peta
kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi. |
§
Mengamati
gambar peta tentang kepadatan
penduduk di Indonesia. §
Memberikan
penjelasan mengenai kepadatan
penduduk di Indonesia. §
Bertanya dan memberikan tanggapan
terhadap penjelasan guru. §
Menjawab
pertanyaan pada buku siswa yang berkaitan
dengan peta yang sudah diamatinya. |
§
|
§
|
§
|
§
|
|
SUB TEMA 3 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual. |
¡ Mengolah informasi dari
bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf. |
§ Membaca teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat". § Menuliskan ide pokok dari masingmasing paragraf. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan. |
¡ Menyebutkan dan
menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia. ¡ Membuat model penderita
kelainan tulang. |
§ Mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia. §
Membuat model sederhana
gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat. |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami gambar cerita. 4.1 Membuat gambar cerita. |
¡ Mengamati gambar
berbagai kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia. |
§ Mengamati contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan. § Menarik kesimpulan tentang gambar komik berdasarkan
hasil pengamatannya terhadap contoh. § Merumuskan pengertian komik secara bersama-sama. § Mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan
pada buku siswa. |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
|
|
|
|||
PPKN |
|
|
|
|
|
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan
rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila. 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ Membuat laporan tentang
perilaku yang seusai dengan nilai-nilai Pancasila. |
§ Menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila § Mengidentifikasikan perilaku-perilaku yang
mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
¡ Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa Indonesia. |
§
Mengidentifikasi kekayaan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki
oleh bangsa Indonesia seerta pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai Negara maritim
terhadap kehidupan ekonomi masyarakat §
Menyebutkan berbagai jenis
pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya
laut. §
Membuat kliping pengaruh kondisi geografis bangsa
Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan
ekonomi masyarakat. |
§
|
§
|
§
|
§
|
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 2019 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SD N 18 Batang Barus
Kelas /
Semester : V
/ 1
Tema 2 : Udara Bersih bagi Kesehatan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
SUB TEMA 1 |
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku
ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana 4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang
didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku. |
¡ Menyebutkan informasi terkait
dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa |
§ Membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. §
Mengamati peta pikiran (mind map) pada buku siswa, kemudian menuliskan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan pada peta pikiran tersebut. |
Sikap Pengetahuan Ide pokok, dan
organ gerak manusia dan hewan. Keterampilan |
3jam |
Tema 1 buku guru dan buku siswa
revisi 2017 |
Percaya diri,
peduli, tanggung jawab, disiplin. |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada
hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia 4.2. Membuat model sederhana organ pernapasan
manusia |
¡ Menemukan informasi tentang organ-organ
pernapasan hewan |
§
Mencermati teks bacaan yang
disajikan pada buku siswa tentang organ pernapasan hewan (cacing tanah, serangga, ikan, hewan amfibi,
reptil, burung, dan mamalia). |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami tangga nada 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan music |
¡ Menjelaskan ciri-ciri lagu
bertangga nada mayor |
§ Mencermati teks informasi tentang ciri-ciri lagu
tangga nada diatonis mayor. § Menyebutkan pengertian dan ciri-ciri lagu
bertangga nada mayor. § Menyanyikan lagu “Hari Merdeka” dengan bimbingan
guru. §
Bermain
alat musik sederhana |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
¡ Menjelaskan makna tanggung jawab
sebagai warga masyarakat |
§ Membaca teks “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”. § Berdasarkan teks “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat” siswa menceritakan makna tanggung jawab sebagai masyarakat. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi
dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
¡ Mengidentifikasi jenis-jenis
usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian,
peternakan, perkebunan dan kehutanan, perikanan, pertambangan dan
perindustrian. |
§ Membaca teks bacaan “Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat” untuk mengetahui jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, perikanan, pertambangan, dan perindustrian. §
Menandai informasi-informasi
penting dalam bacaan. Kegiatan ini ditujukan untuk memahamkan kepada siswa
tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
SUB TEMA 2 |
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku
ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana 4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang
didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku |
¡ Mempresentasikan informasi dari
teks bacaan terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan
mengapa. |
§ Membaca salah satu teks berita pada Buku Siswa. § Membuat daftar kosakata baru dari teks bacaan, selanjutnya
mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada
hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. 4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia |
¡ Menemukan informasi tentang
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia ¡ Membuat bagan penyebab
terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia |
§ Membaca teks tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia. § Membuat bagan/diagram/model tentang penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia dari informasi pada teks bacaan. |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah 4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi
daerah |
¡ Menyebutkan karya tari daerah
menggunakan properti |
¡ Dengan menyimak
penjelasan dan mencermati gambar dan teks informasi, siswa mampu menyebutkan
karya tari daerah menggunakan properti ¡ Dengan membuat kliping,
siswa mampu menyajikan gambar karya tari daerah menggunakan properti ¡ Dengan mengikuti contoh
dari video tari atau bimbingan guru tari, siswa mampu menyiapkan karya tari
daerah menggunakan properti |
¡ |
¡ |
¡ |
¡ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
¡ Membedakan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat |
¡ Dengan berdiskusi,
siswa dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan masyarakat
sesuai hasil musyawarah sebagai perwujudan tanggung jawab warga masyarakat ¡ Dengan membaca teks dan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat membedakan hak, kewajiban, dan tanggung
jawab sebagai warga masyarakat |
¡ |
¡ |
¡ |
¡ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi
dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
¡ Dengan membaca teks
bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis
usaha yang dikelola sendiri maupun kelompok. |
§ Membaca teks bacaan “Jenis-Jenis Usaha Dikelola
Sendiri ataupun Berkelompok” untuk mengetahui jenis-jenis usaha
dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia yang dikelola sendiri atau berkelompok. |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Sub Tema 3 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku
ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana 4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang
didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku |
¡ Dengan mencermati teks
bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang karya gambar
cerita |
§
Siswa mengamati gambar dan membaca teks bacaan yang disediakan. Mandiri §
Dengan bimbingan guru, siswa berdiskusi mengenai kesesuaian gambar dengan inti cerita. Collaboration §
Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil.
Selanjutnya, tiap-tiap kelompok membacakan
hasil diskusinya untuk dibandingkan
dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain. Gotong
Royong |
§
|
§
|
§
|
§
|
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada
hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia 4.2. Membuat model sederhana organ pernapasan
manusia |
¡ Dengan membaca teks,
siswa mampu membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan |
§
Siswa mencermati teks bacaan cara memelihara organ pernapasan. Mandiri §
Siswa membuat poster dengan tema merawat organ pernapasan. Siswa membuat sketsa gambar poster dan dilanjutkan dengan memberi warna pada gambar poster. |
§
|
§
|
§
|
§
|
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami gambar cerita 4.1 Membuat gambar cerita |
¡ Dengan mencermati
penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri gambar cerita ¡ Dengan mengingat
pengalaman yang berkesan atau menentukan suatu tema, siswa mampu membuat
gambar cerita |
§
Siswa mengamati salah satu contoh karya gambar cerita. §
Guru memberi pertanyaan kepada siswa mengenai ciri-ciri
karya gambar cerita. Guru dapat
menunjuk beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan
tersebut secara bergantian. Mandiri §
Contoh jawaban pertanyaan tentang ciri-ciri karya
gambar cerita. §
Siswa menentukan satu tema untuk gambar cerita. |
§
|
§
|
§
|
§
|
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi
dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
¡ Dengan membaca teks dan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis usaha ekonomi
yang dikelola sendiri |
§
Siswa membaca teks tentang kegiatan yang dilakukan pemulung. Literasi §
Siswa berdiskusi mengenai kegiatan yang dilakukan pemulung dan cara menghargai kegiatan para pemulung. Gotong
Royong §
Siswa membaca teks mengenai menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain. |
§
|
§
|
§
|
§
|
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
¡ Dengan mengamati gambar
cerita, siswa mampu menjelaskan contoh sikap bertanggung jawab atas tugas
yang diberikan ¡ Dengan berdiskusi,
siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi jika tanggung jawab tidak
dilaksanakan |
§ Guru membimbing siswa untuk menanamkan rasa
tanggung jawab sejak dini. Nasionalis § Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai akibat
tidak melaksanakan tanggung jawab di sekolah, rumah, dan di masyarakat. Collaboration § Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian. Gotong Royong |
§ |
§ |
§ |
§ |
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 2019 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SD N 18 Batang Barus
Kelas /
Semester : V
/ 1
Tema 3 : Makanan Sehat
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
Sub Tema 1 |
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan
iklan dari media cetak atau elektronik 4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan
paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis,
dan visual |
¡ Mengamati gambar iklan
yang disajikan, siswa mampu mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media
cetak ¡ Menuliskan hasil
pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu
melaporkan hasil pengamatannya |
§ Guru memimpin diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang
dialog sarapan yang dibaca oleh siswa sebelumnya dengan
gambar-gambar iklan yang disajikan di Buku Siswa. Gotong Royong § Siswa mengamati dan mencermati gambar iklan
yang disajikan. |
Sikap Pengetahuan Ide pokok, dan
organ gerak manusia dan hewan. Keterampilan |
3jam |
Tema 1 buku guru dan buku siswa
revisi 2017 |
Percaya diri,
peduli, tanggung jawab, disiplin. |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia 4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan
fungsi pencernaan pada hewan atau manusia |
¡ Mencermati teks bacaan
yang disajikan, siswa mampu memukan informasi tentang organ-organ pencernaan
hewan ¡ Berdiskusi dan mencari
informasi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan
hewan dan fungsinya |
§ Siswa membaca dan mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran,
dengan memberi penekanan pada kata sistem pencernaan. Literasi § Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada
buku siswa tentang organ pencernaan hewan (sapi). Literasi §
Siswa dengan bimbingan guru
menggarisbawahi kosakata baru yang mereka temukan dalam bacaan, dan bersama-sama dalam diskusi kelas membahas
kosakata baru tersebut. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami tangga nada. 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan music |
¡ Menyimak penjelasan dan
mencermati teks informasi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri lagu bertangga
nada mayor dan minor ¡ Menyanyi dan mengiringi
nyanyian dengan alat musik, siswa mampu bermain alat musik sederhana. |
§ Guru menjelaskan tentang tangga nada mayor dan
minor. § Siswa menyimak penjelasan guru dan mencermati teks informasi
tentang ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor dan minor. |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.3 Mensyukuri keragaman social masyarakat sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 2.3 Bersikap toleran dalam keragaman sosial budaya
masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 3.3 Menelaah keragaman social budaya masyarakat 4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung
keragaman sosial budaya masyarakat |
¡ Mengamati lingkungan
sekitar, melaporkan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan
mendeskripsikan keragaman ¡ Membuat cerita
bergambar dan menyajikan hasil pengamatan tentang keanekaragaman di
lingkungan sekitar |
§ Guru melanjutkan diskusi kelas tentang interaksi
manusia dan mengaitkannya dengan lingkungan sosial yang dimiliki
oleh manusia, dan bagaimana keragaman ditemukan di hampir semua aspek kehidupan. Gotong
Royong § Guru meminta siswa untuk mengingat kembali tentang
contoh interaksi sosial manusia yang pernah mereka lihat di
lingkungan sekitar mereka. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia |
¡ Membaca teks bacaan dan
berdiskusi, dan mengidentifikasikan interaksi manusia dengan lingkungannya |
§
Siswa menggali informasi dari
bacaan yang disajikan. §
LiterasiBacaan teks ditujukan untuk memberikan stimulus
diskusi tentang gambaran interaksi manusia dengan lingkungannya
dan keragaman dalam masyarakat |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
|
Sub Tema 2 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan
iklan dari media cetak atau elektronik 4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan
paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis,
dan visual |
¡ Mengamati dan
mendemonstrasikan iklan media elektronik, dan mengidentifikasikan ciri-ciri
bahasa iklan elektronik |
§ Guru menggunakan percakapan yang disajikan dalam Buku Siswa halaman 46, sebagai pembuka untuk berdiskusi tentang iklan pada media baik media cetak maupun media elektronik. Literasi §
Siswa berdiskusi dalam kelas
dan mengemukakan contoh-contoh iklan yang pernah
mereka lihat dan mengategorisasikan iklan tersebut ke dalam iklan media cetak atau iklan media elektronik. Collaboration |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia 4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan
fungsi pencernaan pada hewan atau manusia |
¡ Mencermati teks bacaan
dan membuat poster, dan menjelaskan macam-macam gangguan pada organ
pencernaan |
§ Siswa mencermati teks percakapan yang disajikan
dalam Buku Siswa, dimana dalam percakapan tersebut disebutkan
salah satu contoh gangguan pada organ pencernaan manusia. Literasi § Siswa dibagi dalam kelompok dan mendapatkan tugas untuk mencari
informasi tentang macam-macam gangguan organ pencernaan
manusia §
Guru menggunakan poster tentang
kolera yang disajikan dalam Buku Siswa sebagai bahan untuk melanjutkan ke kegiatan berikutnya yang
merupakan kegiatan IPA yaitu membuat larutan cairan oralit. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami pola lantai dalam kreasi tari daerah 4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi
daerah |
¡ Berdiskusi bersama
kelompok, dan mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan • Mencermati teks
bacaan, siswa mencari informasi tentang properti tari |
§ Guru dapat menggunakan pembahasan tentang hal-hal yang digunakan
dalam menambah daya tarik iklan media elektronik termasuk
tarian daerah sebagai jembatan untuk meneruskan kegiatan SBdP
tentang properti tari. Critical
Thinking and Problem Solving §
Siswa mencermati bacaan yang
disajikan dalam buku siswa tentang properti tari. |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.3 Mensyukuri keberagaman social masyarakat sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya
masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 3.3 Menelaah keberagaman social budaya masyarakat 4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung
keberagaman sosial budaya masyarakat |
¡ Melakukan wawancara,
dan menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar |
§ Guru memimpin diskusi kelas dan mengarahkan diskusi pada
pemahaman bahwa masyarakat Indonesia terbentuk dari keragaman, salah satunya dalah keragaman adat
istiadat. Collaboration §
Siswa diminta untuk melakukan
wawancara ke beberapa teman sekelasnya untuk mencari informasi tentang kebiasaan/adat istiadat yang
mereka miliki dalam keluarga mereka. Critical
Thinking and Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia |
¡ Mengamati gambar, dan
mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan
sosial budaya ¡ Mengamati lingkungan
sekitar, dan membuat laporan hasil pengamatan tentang aktivitas masyarakat
sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya |
§ Guru menekankan pada kalimat “Amatilah lingkungan
sekitarmu dan cari tahu aneka aktivitas yang dapat kamu
temukan yang menurutmu menggabungkan aspek sosial dan ekonomi serta dimaksudkan untuk meningkatkan taraf dan kualitas
hidup masyarakatnya”. §
Siswa menuliskan hasil
pengamatannya dalam bentuk laporan. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Sub Tema 3 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan
iklan dari media cetak atau elektronik 4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan
paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis,
dan visual |
¡ Memperagakan iklan
elektronik, menjelaskan isi iklan dan mendemonstrasikan keunggulan
produk/jasa dari iklan tersebut |
§
Siswa mencermati dan membaca
naskah iklan elektronik tentang obat gangguan pencernaan. Mandiri §
Dengan pengetahuan dan
keterampilan yang sudah dimilikinya, siswa diminta
untuk menjelaskan isi iklan dan mengidentifikasikan keunggulan produk barang yang diiklankan Critical Thinking and Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.3. Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia 4.3. Menyajikan karya tentang konsep organ dan
fungsi pencernaan pada hewan atau manusia |
¡ Membuat karya poster,
mengidentifikasikan dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang mengganggu
organ pencernaan manusia |
§ Jelaskan pada siswa bahwa poster ini nantinya
akan digunakan sebagai penunjang pembelajaran ketika siswa
mempelajari tentang penyakit pada organ pencernaan manusia. Communication §
Siswa diminta untuk
mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai
perbedaan gangguan dan penyakit sistem pencernaan dan memberikan contohnya. Critical
Thinking and Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.4 Memahami karya seni rupa daerah 4.4 Membuat karya seni rupa daerah |
¡ Mencermati dan mengemas
teks informasi dan mengidentifikasikan berbagai jenis karya seni rupa daerah
dan fungsinya. |
§ Siswa mencari informasi tentang berbagai macam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahnya dan juga daerah-daerah lain di Indonesia, informasi dapat dicari dari majalah, koran, internet, bertanya kepada
guru dan orang tua. Literasi §
Siswa mengolah informasi yang
mereka dapatkan dalam bentuk laporan berita seperti bentuk berita di
koran. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia |
¡ Menggali informasi dari
bacaan, mengidentifikasi pembangunan sosial budaya di Indonesia |
§
Guru menggunakan topik petani bahan diskusi tentang pentingnya nilai kebersamaan dalam keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunan.
Collaboration §
Siswa membaca dan mencermati informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan, guru memberikan panduan kepada siswa untuk menggarisbawahi
informasiinformasi yang berkaitan dengan bentukbentuk keragaman dan
pembangunan sosial budaya dalam masyarakat. Communication |
§
|
§
|
§
|
§
|
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.3 Mensyukuri keberagaman social masyarakat sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya
masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 3.3 Menelaah keberagaman social budaya masyarakat 4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung
keberagaman sosial budaya masyarakat |
¡ Melakukan refleksi,
menjawab pertanyaan tentang kerja sama dalam kelompok, menyebutkan pentingnya
keaneka ragaman dan menguraikan contoh cerita tentang arti pentingnya
memahami keaneka ragaman budaya |
§ Guru memandu siswa untuk melakukan diskusi dengan menggunakan
hasil refleksi mereka baik refleksi diri maupun kelompok. Collaboration § Diskusi diarahkan pada pemahaman tentang pentingnya
keanekaragaman. § Siswa menguraikan jawabannya tentang arti pentingnya
memahami keanekaragaman. Mandiri §
Guru dapat memberikan
pertanyaan tambahan dengan meminta siswa mengaitkan jawaban mereka dengan konsep yang lebih besar yaitu pentingnya
keanekaragaman sebagai modal dasar pembangunan. Nasionalis |
§ |
§ |
§ |
§ |
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 2019 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SD N 18 Batang Barus
Kelas /
Semester : V
/ 1
Tema 4 : Peredaran Darahku Sehat
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
Sub Tema 1 |
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan
secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. |
¡ Membaca pantun ¡ Menjelaskan pengertian
pantun. |
§ Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan meminta salah satu siswa membacakan pantun
pada buku siswa dengan suara nyaring. Communication § Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan
pertanyaan: Apa isi pantun yang dibacakan temanmu? §
Siswa mengembangkan jawaban
mengenai isi pantun yang dibacakan temannya secara mandiri dalam kaitannya dengan pentingnya menjaga
kesehatan tubuh. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah
manusia. 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah
pada manusia. |
¡ Mengamati gambar organ
peredaran darah dan fungsinya pada manusia. ¡ Menuliskan organ
peredaran darah dan fungsinya pada manusia. |
§ Pada kegiatan AYO MENGAMATI: Secara mandiri
siswa diminta untuk mengamati gambar peredaran darah pada
manusia. Mandiri § Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian jantung yang terlibat dalam proses peredaran darah. Mandiri §
Guru menjelaskan kepada
siswa bahwa peredaran darah pada manusia ada
dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Communication |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami tangga nada. 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik. |
¡ Menyebutkan berbagai
lagu bertangga nada mayor dan minor. |
§ Siswa diminta mencari informasi tentang tangga
nada. Mandiri § Pada kegiatan AYO MENULIS: Siswa telah memahami ciri-ciri
tangga nada mayor dan tangga nada minor. Kemudian, siswa diminta mencari tahu
lagu-lagu yang menggunakan tangga nada mayor dan tangga nada minor. Communication § Siswa diminta menuliskan judul lagu-lagu yang menggunakan tangga nada mayor dan
tangga nada minor dalam bentuk tabel. Mandiri §
Selanjutnya,
siswa diminta memilih salah satu lagu untuk dinyanyikan sambil bermain alat
musik sebagai iringannya. |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ Menjelaskan makna
tanggung jawab |
§ Pada kegiatan AYO MENGAMATI: secara mandiri siswa diminta untuk mengamati pelaksanaan rapat yang diikuti warga satu RT attau warga satu RW di lingkungan tempat tinggalnya. Communication § Siswa diminta untuk mengamati apa yang dibahas dalam rapat tersebut. § Selain itu, siswa juga diminta untuk mengamati apakah warga masyarakat sudah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. § Siswa diminta menuangkan hasil pengamatan dalan
bentuk tulisan. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia. 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial,
budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
¡ Mengamati interaksi
manusia dengan lingkungannya. |
§ Pada kegiatan AYO MENCARI TAHU: Siswa telah memahami bahwa interaksi sosial tidak selamanya mengarah pada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua, yaitu interaksi
sosial yang mengarah pada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan. Communication §
Selanjutnya, siswa diminta
untuk mencari tahu contoh interaksi sosial yang
mengarah pada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan. Nasionalis |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Sub Tema 2 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan
secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. |
¡ Menunjukkan ciri-ciri
pantun yang di buat |
§ Pada kegiatan AYO BERKREASI: selesai melakukan
kegiatan membaca pantun, siswa membuat pantun berisi
pentingnya menjaga organ peredaran darah. Mandiri §
Setelah membuat pantun, siswa
mengidentifikasi ciri-diri pantun buatannya lalu menunjukkan kepada guru. Critical Thinking and
Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah
manusia 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah
pada manusia. |
¡ Mengindentifikasi jenis
gangguan pada organ peredaran manusia |
§ Siswa membaca narasi di buku siswa mengenai gangguan pada organ peredaran darah. Literasi §
Pada kegiatan AYO MENULIS:
siswa mencari tahu berbagai penyebab dan jenis
gangguan pada organ peredaran darah manusia. Mandiri |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami properti tari daerah. 4.3 Memeragakan penggunaan properti tari daerah. |
¡ Mengamati berbagai
gambar karya tari. ¡ Menjelaskan arti pola
lantai dan properti dalam karya tari. ¡ Menyebutkan berbagai
lagu bertangga nada mayor dan minor. |
§
Siswa mengamati gambar tarian pada buku siswa. §
Kemudian, siswa menuliskan nama-nama properti tari yang digunakan penari pada gambar. Mandiri §
Siswa menuliskan jawabannya pada kotak yang pada buku siswa. §
Siswa diminta untuk menyebutkan nama karya tari pada
gambar dan memperagakan
menggunakan properti. |
§
|
§
|
§
|
§
|
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ Menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat. ¡ Mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab
sebagai warga masyarakat. |
§ Siswa menuliskan pendapatnya mengenai hal yang akan dilakukan apabila di lingkungannya akan diadakan pemilihan
ketua RW. § Siswa menuliskan jawabannya pada kotak yang
pada buku siswa. § Siswa lalu mengungkapkan pendapatnya mengenai makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia. 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia. |
¡ Mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan. ¡ Mengidentifikasi aktivitas masyarakat di
sekitarmu yang berkaitan dengan
pembangunan
sosial budaya. |
§
Siswa membaca teks mengenai
interaksi manusia dan lingkungan pada buku siswa. §
Siswa mampu mengidentifikasikan
aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya
Indonesia. Creativity and Innovation |
§
|
§
|
§
|
§
|
|
Sub Tema 3 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan
secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. |
¡ Isi pantun yang
disajikan secara lisan |
§ Guru bersama-sama dengan siswa membaca pantun pada buku siswa. § Selesai membaca, siswa mencermati pantun dengan seksama. Mandiri § Guru bersama-sama siswa mengidentifikasi ciri-ciri
pantun. Critical Thinking and
Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah. 4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah
pada manusia. |
¡ Berbagai macam penyakit
yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia. |
§ Siswa membaca bacaan tentang cara-cara memelihara
kesehatan peeredaran darah dalam tubuh, selain bersepeda. Literasi §
Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan
cara-cara memelihara kesehatan peredaran darah dalam tubuh. Creativity and Innovation |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBdP |
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami gambar cerita. 4.1 Membuat gambar cerita. |
¡
Mengidentifikasi gambar cerita ¡
Membuat contoh satu adegan gambar cerita |
§ Siswa menuliskan kembali pemahamannya mengenai
pengertian cerita bergambar pada buku siswa. Mandiri § Guru secara interaktif dan menarik menjelaskan langkah-langkah dalam membuat cerita bergambar. §
Guru mempraktikkan setiap
langkah dalam membuat gambar cerita. Communication |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
¡ Mengamati gambar gotong
royong. ¡ Mengamati pelaksanaan
musyawarah, untuk penerapan tanggung jawab dalam masyarakat. |
§ Pada kegiatan AYO MEMBACA siswa membaca bacaan tentang tanggung jawab warga masyarakat. Literasi § Pada kegiatan, AYO MENULIS Secara mandiri, siswa membuat kesimpulan dengan menyebutkan tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat berdasarkan isi bacaan. Critical
Thinking and Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia. 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia.. |
¡ Membaca bacaan tentang
interaksi sosial. |
§ Siswa membaca bacaan tentang interaksi sosial. § Melalui bacaan, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur interaksi sosial di berbagai bidang kehidupan. Creativity
and Innovation |
§ |
§ |
§ |
§ |
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 2019 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SD N 18 Batang Barus
Kelas /
Semester : V
/ 1
Tema 5 : Ekosistem
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
Sub Tema 1 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.7 Menguraikan konsepkonsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi. 4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. |
¡ Mencermati teks
nonfiksi yang disajikan. ¡ Menyimak penjelasan dan
mencermati teks bacaan. |
§
Siswa membaca teks dengan
saksama bacaan tentang Ekosistem. Literasi §
Siswa mengemukakan dan
menuliskan pokok pikiran serta informasi penting yang ditemui di setiap paragraf bacaan . § Guru memberikan penjelasan kembali tentang “pokok pikiran”. |
§
|
§
|
§
|
§
|
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.5. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring
makanan dalam suatu ekosistem. |
¡ Membuat bagan ¡ Melakukan pengamatan
dan pengumpulan informasi. |
§
Siswa mencermati teks bacaan
yang disajikan pada buku siswa tentang jenis makanan hewan. Literasi § Siswa bersama dengan kelompoknya, mencari gambar hewan-hewan dari majalah atau surat kabar. Kemudian, siswa diminta
mengklasifikasikan hewan-hewan yang
ditemui berdasarkan jenis makanannya. |
§
|
§
|
§
|
§
|
SBDP |
|
|
|
|
|
|
3.2 Memahami tangga nada. 4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik. |
¡ Menyanyikan lagu
bertemakan hewan, siswa mampu mengenal perbedaan tangga nada mayor dan minor. |
§ Siswa menyebutkan lagu-lagu bertema hewan yang mereka
ketahui. Creativity
and Innovation §
Siswa
mendiskusikan tentang tangga nada yang terdapat dalam lagu tersebut, mayor atau minor |
§ |
§ |
§ |
§ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social
budaya. 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan hidup. 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. |
¡ Mencermati teks bacaan,
siswa mampu menjawab pertanyaan sehubungan dengan bacaan dan membuat poster
tentang Sumpah Pemuda. |
§ Membaca teks bacaan tentang peristiwa Sumpah Pemuda
(satu siswa membaca satu paragraf). § Siswa melanjutkan membaca teks bacaan. Literasi § Guru memimpin pembacaan isi Sumpah Pemuda di depan kelas yang kemudian
diikuti oleh seluruh siswa. Communication §
Guru memberikan waktu kepada
siswa untuk mengingat isi Sumpah Pemuda. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap
kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan /maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
¡ Menyimak penjelasan
tentang pembuatan peta |
§ Siswa diminta untuk mengamati komponen-komponen yang ada peta tersebut. Mandiri § Guru secara acak menunjuk beberapa siswa untuk
mengulas kembali tentang skala dalam peta. §
Siswa diminta untuk membaca
tahapan-tahapan dalam pembuatan peta. Pastikan siswa mengerti kegiatan yang perlu mereka lakukan
sebelum mereka memulai membuat peta masing-masing. Literasi |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Sub Tema 2 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.7 Menguraikan konsepkonsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi. 4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. |
¡ Mendiskusikan asal
energi pada makhluk hidup, siswa mampu menjelaskan rantai makanan yang
terdapat dalam suatu ekosistem. |
§
Siswa memilih salah satu hewan yang terdapat dalam gambar dan membuat teks nonfiksi tentang rantai makanan. Literasi §
Siswa menggunakan perbendaharaan kata yang terdapat dalam kotak yang sudah disediakan dalam teks nonfiksi. |
§
|
§
|
§
|
§
|
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem
dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring
makanan dalam suatu ekosistem. |
¡ Menggunakan hasil
diskusi, pengetahuan dan gambar tentang rantai makanan, siswa mampu membuat
teks nonfiksi tentang salah satu ekosistem. |
§
Siswa mengamati gambar rantai makanan dan memberi penjelasan mengenai gambar tersebut.
Mandiri §
Siswa kemudian mendiskusikan tentang hubungan antara aliran energi dengan rantai makanan. Collaboration §
Siswa membuat contoh rantai makanan dalam sebuah ekosistem. |
§
|
§
|
§
|
§
|
SBDP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami properti tari daerah. 4.3 Meragakan penggunaan properti tari daerah. |
¡ Menyimak penjelasan
guru tentang properti tari daerah, siswa mampu mencari informasi tambahan
mengenai tarian daerah lainnya di Nusantara yang menggunakan properti tari. |
§
Siswa membaca teks tentang beberapa tarian Nusantara.
Literasi §
Siswa mencari informasi tentang properti yang dipakai di beberapa tarian daerah dan mengisi tabel yang tersedia dalam kelompokkelompok kecil. Mandiri §
Siswa diperkenankan saling berdiskusi tentang properti tarian daerah lain dengan kelompok lain untuk melengkapi tabel. Collaboration |
§
|
§
|
§
|
§
|
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social
budaya. 3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan
untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
¡ Membaca teks bacaan
tentang Proklamasi, siswa mampu membuat lini masa tentang sejarah Proklamasi. ¡ Mengenal Proklamasi
sebagai salah satu peristiwa bersejarah bangsa, siswa mampu memainkan peran
dalam drama Proklamasi. |
§ Siswa membaca dengan saksama bacaan tentang
peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI. Literasi § Siswa secara bersama-sama diminta untuk membaca
dengan lantang teks Proklamasi yang terdapat dalam bacaan. Integritas §
Guru melakukan diskusi
berdasarkan jawaban dan bacaan tentang
Proklamasi. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
¡ Mencermati artikel
singkat tentang subak di Bali, siswa mampu mendiskusikan karakteristik
penduduk di wilayah pertanian di Bali. ¡ Mengamati lingkungan
sekitar sekolah, siswa mampu menuliskan karakteristik kenampakan alam. |
§ Guru dapat mengajukan pertanyaan untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang subak dan pertanyaan
siswa tentang subak. § Siswa kemudian mencermati dengan saksama teks bacaan
tentang sistem subak di Bali. § Siswa menemukan hal-hal penting dalam bacaan
tersebut. Mandiri §
Siswa menganalisis konsep
dalam bacaan dengan menuliskan pokok pikiran utama dari setiap paragraf pada bacaan. Siswa menuliskan
juga informasi penting yang mendukung pikiran utama
dalan sebuah tabel. Critical
Thinking and Problem Solving |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Sub Tema 3 |
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia |
|
|
|
|
|
|
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi. 4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan
pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. |
§ Mencermati teks bacaan
yang disajikan |
§ Secara acak, siswa ditunjuk untuk membaca dan
mencermati teks bacaan yang disajikan, Literasi § Siswa mencermati teks bacaan kembali, kemudian
siswa: - Menemukan dan mencari arti dari kosakata baru. -
Menemukan
informasi-informasi penting dalam setiap paragraf. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPA |
|
|
|
|
|
|
3.5. Menganalisis hubungan antarkomponen ekosistem
dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring
makanan dalam suatu ekosistem. |
§ Mengamati gambar yang
ada |
§ Secara berkelompok, siswa diminta untuk menyajikan
jaring-jaring makanan dari sebuah ekosistem yang telah
ditentukan oleh guru. Gotong
Royong § Siswa diminta untuk menunjuk satu orang ketua
kelompok yang bertugas untuk membagi dan mangatur tugas yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok. |
§ |
§ |
§ |
§ |
SBDP |
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami karya seni rupa daerah. 4.3 Meragakan penggunaan properti tari daerah. |
¡ Mencermati teks bacaan |
¡ Siswa mampu membuat daftar
properti tari serta fungsinya. ¡ Mengamati gerakan Tari
Merak bersama guru dan melatih gerakannya sehingga siswa mampu menguasai
beberapa gerakan tari pada Tari Merak. |
¡ |
¡ |
¡ |
¡ |
PPKn |
|
|
|
|
|
|
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang social budaya. 3.4 Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan dalam bingkai
Negara Kesatuan Republik Indonesia. 4.4 Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
§ Mecermati gambar
kegiatan gotong royong dengan saksama |
§ Menjelaskan peristiwa
serupa yang terjadi di sekitar tempat siswa tinggal. § Menjelaskan hal-hal
yang memengaruhi peristiwa serupa. § Memberikan pendapat
mengenai alasan mengapa masyarakat melakukan hal-hal yang memengaruhi
peristiwa serupa. |
§ |
§ |
§ |
§ |
IPS |
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
§ Memahami manfaat
kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu bentuk pengaruh letak
geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat |
§ Membuat kliping
mengenai kegiatan sosial masyarakat budaya daerah di sekitar tempatnya
tinggal. § Mempresentasikan hasil
kerjanya dengan percaya diri di depan kelas. |
§ |
§ |
§ |
§ |
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 2019 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021
Nama
Sekolah : SDN 18
BATANG BARUS
Kelas /
Semester : V / 1
Mata
Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Pemangkatan dan Penarikan akar bilangan
cacah
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
PPK |
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar
pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; 4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; |
3.1.1
Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan. 4.1.1
Menunjukkan bentuk contoh bilangan pangkat dua. |
Bilangan berpangkat dua |
§ Mengenal bilangan
pangkat dua § Mencari ciri-ciri
bilangan pangkat dua § Menetukan bentuk dan contoh
bilangan pangkat dua |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar
pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; 4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; |
3.1.2
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan
berpangkat dua. 4.1.2
Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat. |
Menentukan bilangan berpangkat dua menarik
akar pangkat dua |
§ Melakukan operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan pangkat dua dengan kelompoknya. § Mencari hasil penarikan
perpangkatan akar kuadrat |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.1 Menjelaskan
dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar
pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; 4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah; |
3.1.3
Mengenal arti pangkat tiga dari suatu bilangan. 4.1.3
Menunjukkan bentuk dan contoh bilangan pangkat tiga. |
Bilangan pangkat tiga |
§ Mencari bilangan
pangkat tiga sebanyak-banyaknya § Menarik akar bilangan pengkat
tiga |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Bab 2 : Operasi Bilangan Pecahan |
|
§ |
§ |
§ |
§ |
§ |
||
3.2 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. |
3.2.1
Menjelaskan penjumlahan dua pecahan dengan penyebut berbeda. 4.2.1
Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dua pecahan dengan
penyebut berbeda. |
Penjumlahan dua bilangan pecahan dengan
penyebut berbeda. |
§ Siwa mengingat
cara menyamalakan penyebut dengan berbeda dengan KPK § Menjumlahkan dua bilangan
pecahan dengan menyamakan penyebut |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. |
3.2.2
Menjelaskan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda. 4.2.2
Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pengurangan dua pecahan dengan
penyebut berbeda. |
Pengurangan dua bilangan pecahan berbeda
penyebutnya |
§ Mengurangkan dua
bilangan pecahan dengan menyamakan penyebut § Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan pecahan dengan
penyebut berbeda |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Bab 3 : Perkalian
dan Pembagian Pecahan |
|
§ |
§ |
§ |
§ |
§ |
||
3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan
pembagian pecahan. 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian pecahan. |
3.3.1
Melakukan perkalian pecahan dengan bilangan bulat. 4.3.1
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian pecahan bilangan
bulat. |
Perkalian pecahan dengan bilangan bulat |
§ Mendampingi siswa
dalam menyelesaikan perkalian bilangan bulat § Menyusun langkah-langkah
penyelesaian permasalahan perkalian pecahan dengan bilangan bulat |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan
pembagian pecahan. 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian pecahan. |
3.3.2
Menjelaskan dan melakukan perkalian pecahan dengan pecahan. 4.3.2
Menyelesaikan permasalahan perkalian dengan pecahan |
Perkalian Pecahan dengan pecahan |
§ Mengamati dan
memahami aturan perkalian dua bilangan pecahan § Menyelesaikan soal tentang
perkalian dua bilangan pecahan dengan aturan yang tepat |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan
pembagian pecahan. 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian pecahan. |
3.3.3
Menentukan hasil perkalian pecahan dengan desimal. 4.3.3
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perkalian pecahan dengan
desimal. |
Perkalian pecahan dengan decimal |
§ Mendiskusikan
hasil perkalian pecahan dengan desimal § Menyimpulkan perkalian pecahan
dengan desimal |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan
pembagian pecahan. 4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian pecahan. |
3.3.4
Menentukan hasil pembagian antara pecahan biasa dengan bilangan bulat. 3.3.5
Melakukan pembagian antara pecahan biasa dengan pecahan desimal. 4.3.4
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pembagaian antara pecahan
biasa dengan bilangan bulat. 4.3.5
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan |
Pembagian pecahan dengan desimal |
§ Mendiskusikan
hasil pembagian pecahan desimal § Menyimpulkan pembagian pecahan
dengan desimal |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Bab 4 : Kecepatan, Jarak dan Waktu |
|
§ |
§ |
§ |
§ |
§ |
||
3.4 Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak
dengan waktu. 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kecepatan, jarak, dan waktu. |
3.4.1
Mengenal kecepatan, jarak dan waktu. 4.4.1
Menghitung hasil bagi antara jarak dan waktu. |
Mengenal kecepatan, jarak, dan waktu |
§ Mengarahkan
peserta didik untuk mengenal jarak, waktu dan kecepatan. § Membimbing peserta didik dalam
menentukan hasil bagi antar jarak dan waktu serta rumusnya |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.4 Menjelaskan kecepatan sebagai perbandingan jarak
dengan waktu. 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kecepatan, jarak, dan waktu. |
3.4.2
Mengenal hubungan kecepatan, jarak, dan waktu. 4.4.2
Menentukan hubungan kecepatan, jarak, dan waktu. |
Hubungan kecepatan, jarak dan waktu |
§ Menggunakan rumus
dan mengisi tabel kecepatan, jarak, dan waktu § Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan percepatan, jarak dan waktu |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Bab 5 : Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah mata
angin |
|
§ |
§ |
§ |
§ |
§ |
||
3.5 Menjelaskan posisi suatu benda dengan
menggunakan akrah mata angin. 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
posisi suatu benda dengan menggunakan arah mata angin. |
3.5.1
Membaca denah berdasarkan arah mata angin. 4.5.1
Menentukan lokasi denah. |
Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah
mata angin |
§ Mengamti gambar
mata angin § Memahami arah
mata angin § Menggambar denah § Menjelaskan denah |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
|
3.5.2
Membaca denah dan menghitung jarak. 4.5.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan rute dan denah. |
Posisi Suatu Benda dengan Menggunakan Arah
mata angin |
§ Membaca Denah
beserta petunjuknya § Menceritakan rute perjalanan
dari rumah ke sekolah |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Bab 6 : Skala dan Denah |
|
§ |
§ |
§ |
§ |
§ |
||
3.6 Menjelaskan skala melaui denah. . 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
skala dan denah. |
3.6.1
Menjelaskan skala melalui denah. 4.6.1
Menggambar denah dengan mempertahankan jarak dan waktu serta berbagai
kemungkinan lintasan. |
Denah ,skala dan arah mata angin |
§ Menjelaskan
pengertian skala § Menjelaskan
hubungan denah dengan skala |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.6 Menjelaskan skala melaui denah. . 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
skala dan denah. |
3.6.2
Memecahkan masalah sederhana dalam denah 4.6.2
Menentukan skala pada peta dan jarak antara dua kota. |
Denah dan Skala arah mata angin |
§ Mengamati gambar denah § Menentukan skala pada denah § Menggambar denah dengan mempertimbangkan
skala |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
3.6 Menjelaskan skala melaui denah. . 4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
skala dan denah. |
3.6.3
Penggunaan skala pada denah dan permasalahannya. 4.6.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan denah. |
Penggunaan skala pada denah dan
permasalahannya. |
§ Menyelesaikan
masalah skala § Menyelesaikan masalah skala |
§ |
§ |
§ |
§ |
|
Mengetahui |
Kayu Aro,
08 Juli 020 |
Kepala Sekolah, |
Guru Kelas VB |
|
|
|
|
JONRIVISMAN,S.Pd |
NIRA,S.Pd.I |
NIP. 19690628 199710 1 001 |
NIP. 19820609 201101 2 006 |
Komentar
Posting Komentar