Soal PJJ Tugas Tema 1 Subtema 1
Soal PJJ Tema 1 Subtema 1
Pembelajaran 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Bacalah bacaan di bawah ini!
1. Tentukanlah Ide pokok dari bacaan di atas!
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
2. Apakah yang dimaksud dengan ide pokok?
3. Bagaimana cara menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan?
4. Tentukanlah kalimat pengembang dari bacaan di bawah ini!
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yapakah yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
5. Apakah yang dimaksud dengan organ gerak?
6. Apakah yang akan terjadi, apabila makhluk hidup tidak memiliki organ gerak?
7. Mengapa tulang termasuk organ gerak pasif?
8. Jelaskanlah tentang organ gerak aktif!
9. Tuliskan organ gerak yang digunakan oleh kelinci!
10. Apakah fungsi organ gerak?
Pembelajaran 2
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Buatlah cerita dari gambar di atas (sesuai dengan buku siswa hal.12)!
2. Apakah yang dimaksud dengan gambar cerita?
3. Tuliskanlah organ gerak hewan di bawah ini!
No Nama hewan Nama organ gerak Fungsi
1 Ikan
2 Katak
3 Burung
4 Ular
5 Kadal
6 Kambing
4. Apakah yang dimaksud dengan mamalia?
5. Tuliskanlah contoh hewan yang termasuk vertebrata!
6. Apakah perbedaan hewan vertebrata dengan avertebrata?
7. Tuliskanlah kalimat pengembang dari bacaan di bawah ini!
Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.
8. Tuliskanlah langkah-langkah membuat gambar ilustrasi!
9. Jelaskan perbedaan media alas gambar dan media pewarna!
10. Buatlah gambar hewan katak! Kemudian warnailah!
Pembelajaran 3
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskanlah kalimat pengembang dari bacaan di bawah ini!
Bacalah bacaan di bawah ini!
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini.
2. Tuliskanlah ide pokok dari bacaan di bawah ini!
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini.
3. Tentukanlah kalimat pengembang dari ide pokok di bawah ini!
Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat,persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak.
4. Jelaskanlah nilai-nilai yang terkandung dari sila ke sila pancasila!
5. Tuliskanlah sikap yang sesuai dengan sila pancasila!
6. Tuliskanlah sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sila pancasila!
7. Tuliskanlah lambang dari masing-masing sila pancasila!
8. Mengapa pancasila disebut dasar negara Indonesia?
9. Jelaskanlah letak Negara Indonesia, baik secara geografis maupun secara astronomis!
10. Tuliskanlah 34 Provinsi yang ada di Indonesia!
Pembelajaran 4
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Untuk soal 1-6 perhatikanlah peta yang ada pada buku siswa! Kemudian jawab soal di bawah ini dengan benar sesuai dengan peta!
1. Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
2. Kondisi Geografis Pulau Sumatra Berdasarkan Peta
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
3. Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
4. Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
5. Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
6. Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara
1. Luas :
2. Batas
a. Laut
b. Daratan
3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
b. Nama-nama dataran rendah
c. Nama-nama gunung
7. Mengapa gotong royong disebut sebagai modal dasar pembangunan?
8. Tuliskalah prinsip-prinsip gotong royong dalam kehidupan!
9. Tentukan ide pokok paragraf berikut!
Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati diantara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan
masyarakat.
10.Tuliskanlah kalimat pengembang dari ide pokok paragraf berikut!
Ide pokok Kalimat pengembang
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam
Kehidupan sehari-hari.
Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara.
Pembelajaran 5
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tuliskanlah karakteristik kelinci!
Karakteristik Kelinci
1. Vertebrata
2.
3.
4.
2. Tuliskanlah karakteristik siput!
Karakteristik Siput
1. Avertebrata
2.
3.
4.
3. Tuliskanlah nama organ gerak dan fungsinya hewan pada tabel berikut.
No. Nama Hewan Nama Organ Gerak Fungsinya
1. Belalang
2. Cacing
3. Ubur-ubur
4. Kenapa siput disebut hewan lemah dalam bacaan “Siput Bukanlah Hewan Lemah”?
5. Tentukanlah ide pokook dan ide pengembang dari bacaan, “Siput Bukanlah Hewan Lemah”!
No. Ide Pokok Ide Pengembang
1.
2.
3.
6. Tuliskanlah corak gambar ilustrasi!
7. Apa perbedaan corak gambar realis dan karikatur?
8. Buatlah gambar ilustrasi “Siput Bukanlah Hewan Lemah”!
9. Buatlah gambar hewan avertebrata yang kamu ketahui!
10. Kenapa cacing dan ubur-ubur termasuk jenis hewan avertebrata?
Pembelajaran 6
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Gerak Kupu-Kupu”!
No. Ide Pokok
1.
2.
3.
4.
2. Tentukan ide pengembang dari masing-masing paragraf bacaan “Gerak Kupu-Kupu”!
No. Ide Pengembang
1.
2.
3.
4.
3. Tuliskan perbandingan dari hewan vertebrata dan avertebrata!
No. Vertebrata Avertebrata
Hal yang dibandingkan Penjelasan Hal yang dibandingkan Penjelasan
4. Mengapa kupu-kupu bisa terbang?
5. Bagaimana kemampuan kupu-kupu dalam terbang?
6. Tuliskanlah 5 contoh hewan yang termasuk avertebrata!
7. Tuliskan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar model sederhana hewan vertebrata!
8. Buatlah gambar model sederhana hewan vertebrata dan avertebrata (sesuai buku siswa halaman.55)!
Catatan :
1. Kalau tugas untuk menggambar tolong dibuat di buku gambar! Diwarnai dan
dipotong atau dalam bentuk kertas satu lembar
2. Dalam membuat jawaban sebaiknya di bawah soal. Artinya soal ditulis.
3. Buatlah tugas sesuai dengan tanggal dan yang sudah ditentukan di jadwal pembelajaran!
Tema pembelajaran 2 soal nm 3 yang gk jelas buk.
BalasHapus3. Tuliskanlah organ gerak hewan di bawah ini!
HapusNo Nama hewan Nama organ gerak Fungsi
1 Ikan
2 Katak
3 Burung
4 Ular
5 Kadal
6 Kambing