Mengelola Sekola di Saat Pandemi
Mengelola sekolah di era covid-19
Kuliah malam ini dengan narasumber ibu Betti Risnalenni.
Assalamu alaikum,
warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam semuanya, malam ini kita akan
mendapatkan pencerahan tentang bagaimana mengelola sekolah di era Covid-19
bersama Ibu Dra. Betti Risnalenni, MM, Pendiri TK, dan SD Insan Kamil bekasi.
Kepada ibu @Fatimah.S.si , silahkan memimpin acara malam ini
dan menjadi koderatornya. Bagi bapak dan ibu yang ingin bertanya, nanti
silahkan ke ibu Fatimah
Alhamdulillah terima kasih banyak omjay
Salam sehat
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat berjumpa kembali
Salam literasi
Kepada ibu kami persilahkan
[19:08, 6/29/2020] +62 888-0940-5468: Silakan ibu
Kuliah ini digelar untuk membantu bapak ibu semua nya dalam
menulis Dan menerbitkan buku
Kuliah kita ada dua sesi
1.
Sesi pertama materi
2.
Sesi kedua tanya jawab
Untuk tanya jawab tolong sebutkan nama asal pertanyaan dan
terima kasih banyak. Ada pun pertanyaan pertanyaan nya nanti tolong langsung di
japri ke moderator.
Ya bu Fatimah. Ya saya seorang guru yang mempunyai niat
membuka sekolah yang bagus tapi bisa buat siapa saja
Alhamdulillah, sungguh mulia hati ibu, jarang ada orang
seperti ini
Saya membuka sekolah tp sebelumnya membuka kursus. Saya membuka sekolah didaerah bantar gebang
bekasi.
Kalau untuk profit, ga mungkin lah. Tetapi seiring jalan,
saya bisa ikut menikmati hasil juga dari membuat sekolah itu.
Saya mulai membuat sekolah tahun 2003. Dan sampai sekarang
mengelola jenjang KB - TK dan SD.
Saya mulai membuat sekolah tahun 2003. Dan sampai sekarang
mengelola jenjang KB - TK dan SD.
Manfaat yang dapat kita raih dari membuat sekolah :
1.
Keuntungan uang
2.
Guru teladan
3.
Kepala sekolah berprestasi dan
4.
Juga juara interpreuner tingkat jawa barat untuk
kalangan guru paud.
5.
Punya teman banyak,
6.
Pengetahuan juga bertambah.
Kegiatan pembelajaran selama pandemi covid-19:
1.
Melakukan Daring selama 3 bulan
2.
Menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan
karakter ).
Untuk mendirikan sekolah dan melakukan pembelajaran sangat
dibutuhkan kebulatan tekad yang kuat agar semuanya terlaksana dengan baik.
Selama masa pandemi ini kita memang harus bisa bekerja sama
dengan seluruh guru dan karyawan.
Lebih hati hati juga karena mereka pun stress dengan musibah
ini dan harus berpikir juga untuk
mengajar . Bekerja dirumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.
Anak TK sejak
covid-19 tugas banyak melalui Hp. Jadi
ketagihan memegang hp. Jadi guru dan
orang tua harus bisa bekerjasama dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih
dipatuhi dari pada orang tua. Jadi guru membantu memberi tahu anak bahwa megang
hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game
15 atau 30 menit.
Pemberian tugas juga bisamempublikasikan lewat instagram apa
yang menjadi tugas mereka. Jadi anak anak juga senang.
Pertanyaan:
Assalamu"alaikum ibu selamat malam. Nama saya Adi dari
tangerang Banten. Apakah izin untuk mendirikan sekolah sangat sulit bu? Terima kasih.Kalau bapak ingin membuat sekolah harus ijin RT, RW dulu. Kalau untuk
ijin ke disdik ya harus ada murid dulu supaya tidak fiktif.Nanti setelah
memasukan proposal ke disdik nanti akan ada uji dari berbagai bidang tingkat
wilayah kita . ( kota / kab ).
Selamat malam Ibu Betti, semoga tetap
menginspirasi kami, perkenalkan saya bu
sri budiarti, dari Selama kurang lebih 17 tahun mengembangkan sekolah prinsip
apa yang ibu pegang sehingga ibu berhasil survive mengubah sekolah rintisan
menjadi sekolah yang diminati banyak siswa
Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali
tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan
pengeluaran. Minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit
tujuannya. Tapi kita jangan nombok juga. Nanti kita tidak semangat dalam
bekerja .
Dirikan di sekolah ada koperasi,
sebaiknya itu dikelola dengan baik. Karena itu sumber keuangan juga.
Kebetulan saya memang masih senang dengan
aritmatika, dan bukunya juga buatan sendiri. Jadi kita bisa jualan buku . Saya
juga buat kursus Bahasa inggris metode pare karena anak saya juga pernah
belajar di situ.
Awalnya saya pengen murid saya bisa
bahasa inggris dengan lebih deket. Ke Pare kan jauh dan muridnya masih kecil
kecil.
Dan unggulan di sekolah saya adalah lulus
in syaa Allah hafal juz 30
Bagaimana awal mulanya memulai ibu mendirikan KB, TK dan
SD dan sejauh mana perjuangn ibu sampi terwujud itu semua?
Awalnya saya tahun 1996 membuat kursus
aritmatika pak. 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. Tapi saya bertahan. Tahun 1998
saya membuat buku sendiri dengan harga 10 ribu, cabang saya di bekasi aja ada
24 cabang. Dan salah satu cabang saya ada yang ingin membuka TK. Dan saya
diajak kerjasama karena saya sudah punya yayasan. Awalnya saya takut untuk buka
sekolah. Karena desakan teman saya itu, saya akhirnya mau bekerjasama dengan
mengontrak sebuah rumah. 3 bulan berjalan teman saya mundur karena dia
merasakan rugi. Buat saya itu ga bisa. Makanya akhirnya saya teruskan sendiri.
1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yang jual / Over rumah, akhirnya beli.
Kita mulai dari rumah itu dan saya didukung oleh perumahahan tersebut.
Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender perumahan. Lumayan promosi bareng
Assalamualaikum Wr.Wb. Sangat hebat
sekali kisah dari bu Betti. Sangat menginspirasi. Pertanyaan saya, apakah
pembelajaran Tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? Karena di Lebak
masih belum boleh bu. Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua
tentang virus corona. AAM NURHASANAH, LEBAK- BANTEN
Ini adalah langkah-langkah yang harus
kita taati pada saat berada di sekolah sesuai protokol kesehatan.
Untuk peserta didik baru yang belum kita
kenal . Langsung daring utk th ajaran 2020- 2021. Bagaimana cara sarungnya .
Apa yang harus dikenalkan yang pokok
Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan
ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan
program. Itu juga dinilai dulu. Tidak langsung boleh buka. Tapi daerah saya sih
zona hijau. Saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. Kalau ok, ya bisa
tatap muka. Kalau belum ok ya PJJ lagi.
Bagaimana caranya menyampaikan
pembelajaran ke orang tua dan peserta didik
TK. Melalui daring
Saya kan belum dapat surat ijin nya ya bu
/ pak. Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir
tahun ajaran lalu. Sekitar pertengah juni. Anak anak kita mulai dengan cara
foto dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasi mainan edukatif. Jadi mereka
senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya..
Contohnya melihat fotonya aja mereka
senang
Saya mau bertanya kepada Ibu Betty. Apa motivasi awal Ibu mendirikan sekolah di
Bekasi? Terima kasih. Awalnya saya
pengen anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus.
Motivasi saya adalah prinsip ini. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu
biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. Tapi anak kurang beruntung bisa
disekolah bagus itu luar biasa. Itulah yang saya lakukan di insan kamil. Yang
yatim Free, yang tidak mampu pun free. Saya tidak pernah , mereka harus bawa
SKTM . Karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. Kalau yang
mampu sih bayar normal..
Mau bertanya : kebetulan saya juga punya
lembaga PAUD KB ibu, banyak kendala yang sy hadapi : a) susahnya mencari tenaga
pengajar b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka
beranggapan kl KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2
tahun langsung ke SD sehingga muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak
kendala..
Bagaimana cara/solusi ibu menghadapi
kasus seperti yang saya hadapi..
Memang mencari guru itu gampang gampang
susah. Kebetulan kan anak saya sarjana psikologi, jadi kita sering mengadakan
acara parenting . Narsum nya bisa saya, teman saya, anak saya atau teman anak
saya. Jd sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa kita
bicarakan. Sekolah saya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang
lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita.
Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa
lomba anak, bisa lomba orang tua.
Menurut ibu untuk peserta didik KB, TK
dan SD apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring
selama 3 blm yang lalu? Dan apa strategi ibu untuk mengurangi efek negatif itu
?
Kalau untuk pembelajaran Daring untuk
anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi saya lebih memberikan
kegiatan yang membuat mereka senang . Contohnya membuat kue
1.Sebagai pendiri skolah tentu byk tahu ttg seluk beluk
& prosedur pendirian. Mhn bs berbgi cara/prosedur utk mendirikan skolah
& apa kendala2 yang ibu hadapi ?
2.Apa saja persyaratan yang diperlukan ?
3.Kemana saja perijinan tsb hrs
diurus/dilakukan ?
4.Berapa lama biasanya urusan tsb slsai
& mndpt ijin pendirian skolah ?
1. Banyak sih kendalanya tapi kalau
keinginan kita kuat in syaa Allah bisa kita atasi.
2. Langkah pertama , ijin warga . 100
tanda tangan. Ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD.
Lanjut ke disdik kota. Jaman saya, di sidangkan di tingkat kotamadya. Dan perlu
tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2
3. Itu udah saya terangkan di no 2
4. Ga lama kok kalau sudah lengkap semua.
Oh ya harus punya akte yayasan yang
sampai Kemhumkam
1.Bagaimana Tips ibu dpt mengelolah tiga
lembaga sekaligus KB-TK-SD?
2.Terutama dlm menejemen keuangan saat
pandemik ini, kebetulan kami juga sekolah swasta?
3.Apa saja program karakter yang ada di
sekolah ibu?
Tipsnya :
1. Jaga kesolid an dalam sekolah itu
sendiri.
-
Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
- Sering pantau dengan sharing. ( di
sekolah saya setiap senin setelah pulang siswa )
2. Saya pembayaran segalanya 1 pintu.
Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan,
harus lunas spp bulan., pembagian modul harus lunas spp bulan .. Jadi orang tua
tidak terbebani tetapi kita sudah punya
harapan uang buat gajian guru dan karyawan.
3. Salaman, hafalan juz 30 , hadist dan surat-surat pendek,
menjaga kebersihan, wirausaha.
Mengelola sekolah dengan baik saat pandemi antara lain;
1.
Memberikan pembelajaran secara daring dan juga
luring
2.
Adanya kerjasama antara orang tua dengan guru
Cara membuat sekolah menjadi terkenal:
1.
Adakan kursus di luar pembelajaran, walau harus
berbayar
2.
Adakan progaram tahfis unutk mebimbing siswa
mmapu hafal juz 30
3.
Buatlah buku sendiri saat memberikan materi
kursus sendiri.
4.
Sering mengupload
foto atau video pembelajaran di edia sosial.
Komentar
Posting Komentar