Strategi Pemasaran Buku

Strategi pemasaran buku Dampak penjualan buku selama covid-19: 1. Jaringan toko buku pada tutup selama covid-19 2. Orang berat aku datang ke toko buku atau mall-mall 3. Penurunan omset toko buku 70% hingga 80% 4. Banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku 5. Beberapa penerbit gulung tikar atau bangkrut Karena adanya pandemic ini orang yang datang ke toko buku non formal maupun formal berkurang. Bahwa selama masa pandemi ini grafik pengunjung di gramedia mengalami penurunan yang sangat tajam sekali. Pertengahan februari sudah mulai turun drastis. Dan mengalami naik sedikit tetapi april awal sudah mengalami penurunan lagi sampai terus tutup. Penurunan ini mulai merangkak naik lagi itu hingga pertengahan juni. Tapi turun lagi, naik di awal juli ini sudah mulai mengalami kenaikan. Namun, untuk berkunjung ke toko buku gramedia, yang dibuka khusus dengan disesuaikan dengan protokol covid 19. Pentingnya transformasi digital dampak dari pandemi covid 19 telah mengubah dunia menuju era laut ekonomi hal ini ditandai dengan 1. Interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau laut 2. Keharusan menyesuaikan sehatan dan keselamatan perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor sektor industri terutama sektor industri perbukuan 3. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja 4. Cara belajar mengajar 5. Kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial Strateginya yang utama yang kita pakai adalah digital marketing dengan melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku. Strategi yang dilakukan penerbit yaitu pentingnya bagaimana kita transformasi digital sebagai dampak dari pandemi covid 19 ? Yang mana covid-19 telah mengubah dunia menuju era ekonomi. Di mana era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim, sentuhan fisik atau kelompok harus sama ngecek kesehatan dan keselamatan perilaku yang terbaru harus bergeser ke sektor sektor industri, terutama sektor industri perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, cara belajar mengajar sebagai seorang guru maupun dosen, berubah kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Mengalami perubahan yang begitu pesat dan kesal dalam menghadapi pandemi corona, maka strategi pemasaran buku yang paling utama adalah digital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku digital marketing dengan menggunakan: • App development, • Web design, • Video production, • Email marketing • Content marketing • Social media/ bli.bli.com. Manfaat digital marketing bagi langkah pemasaran buku adalah: • Biaya lebih relatif terjangkau atau murah • Daya jangkauan sangat luas • Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori • Komunikasi dengan konsumen lebih mudah • Mudah mengevaluasi dan dikembangkan lebih cepat populer • Sangat membantu meningkatkan penjualan Kenapa kita harus memakai marketing? Marketing sangat efektif dalam pemasaran buku. Cotoh digital marketing yang digunakan penerbit unutk pemasaran buku: • Bukalapak • Shopee bli-bli.com • Belanja.com • Facebook • Instagram dan sebagainya Selain pemasaran lewat digital marketing, kami juga mengadakan promo-promo khusus dengan adanya pandemic ini. Dengan memberikan penawaran khusus seperti, memberikan diskon yang lebih pada konsumen. Diskon ini berguna untuk menarik konsumen dan untuk meningkatkan penjualan, supaya dengan adanya promo khusus ini konsumen akan lebih tertarik dan juga sering mengadakan event-event semacam mengadakan webinar lewat. Webinar bisa diadakan lewat channel youtube livestreaming, zoom, dan juga lewat grup wa. Selain itu, pemasaran buku juga harus cepat dalam pengirimannya setelah ada transaksi. Kalau ada pembeli yang komplain harus cepat, memberikan suatu solusi yang bisa menangkap situasi dengan menumbuhkan empati, dan cepat dalam merespon setiap ada yang ingin membeli buku. Dalam pemasaran buku yang sangat besar, peluangnya adalah mobil marketing. Mobile masih semakin besar peluangnya. Strategi continuous marketing adalah pemasaran yang selalu berkelanjutan dengan menghubungkan semua link pemasaran yang tersedia pada media sosial. Media terus-menerus akan menggunakan program marketing ini, secara continuous. Dan akan disarankan dengan marketing berjalan terus-menerus. Dalam pemasaran buku baik secara maya maupun nyata sangat dibutuhkan pembuatan gambar secara visual. Gambar yang dibutuhkan harus jelas dan sangat tajam warnanya sehingga menarik banyak peminat. Dalam pembuatan gambar secara visual ini dibutuhkan kerjasama yang baik antar ebberapa elemen. Seperti pengedit gambar dan admin unutk menayangkannya di google. Dunia maya yang sangat berperan besar dalam pemasaran ini adalah google. Google adalah sebuah aplikasi yang bisa meningkatkan performa marketing. Walaupun harus berbayar, namun potensi yang dihasilkan atau marketing sangat bermanfaat untuk bisnis apapun. Berikut potensi buku sekolah yang terkait dengan kebijakan dana bos: 1. pengembangan perpustakaan 2. kegiatan penerimaan siswa baru 3. kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler 4. kegiatan evaluasi pembelajaran 5. pengelolaan sekolah 6. pembelian atau perawatan alat multimedia pembelajaran 7. pembayaran honor 8. perawatan sekolah sekolah dengan adanya kebijakan terkait langganan daya dan jasa 9. pengembangan profesi guru Penerbitan Andi menyediakan buku yang cukup variatif sekali, banyak sekali, baik untuk perpustakaan kelas tingkat SD sampai SMA. Mulai dari buku teks dan buku nonteks. Buku ini cukup baik digunakan oleh peserta didik dan bisa di bawa pulang dengan meminjamnya di perpustakaan. Penerbit Andi menyediakan dan melayani pembelian buku dari dana Bos melalui siplahbelanja.com dan blibli.com seperti berikut ini: 1. Buku teks utama k13 atau buku teks 2. Buku pendamping dan buku pelajaran 3. Peminatan buku pelajaran smk untuk buku kelompok c2 dan c3 4. Buku ajar informatika kelas 4 5 6 7 8 9 10 11 12 5. Buku perpustakaan baik buku fisik dan ebooks 6. Alat-alat olahraga dan alat-alat kesenian Daftar ranking buku yang laku di toko Gramedia saat ini: 1. kontribusi terbesar dalam pembelian buku besarnya masih didominasi oleh kurang lebih kontribusinya 16% dari keseluruhan kategori dari 34 kategori 2. kedua adalah departemen atau buku anak itu masih rengking tinggi yaitu lebih tua kursinya 13,6% 3. departemen maupun itu juga menduduki rangking 3 12% 4. 11, 15% untuk buku komik 5. peringkat yang ke-5 9% ini yang ada itu juga masih menduduki rangking dan referensi masih bagus Daftar buku yang laku dipasaran: 1. Departemen novels 16,59 % 2. Childrens book 13,63% 3. Religion dan sprituality 12,05 % 4. Schools book 11,15% 5. Comics 9,01% 6. Self improvement 8,25% 7. Reference 6,22% 8. Busness dan economic 4,56% 9. Sosial sciences 3,36% 10. Food dan beverages 2,41 % Jadi, kalau kita ingin sekali orbitkan atau menulis buku, silahkan dipilih dari rangking 1 sampai 10. Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran buku yang diminati oleh pasar pertama di toko buku gramedia dan toko buku lainnya. Serta untuk mendapatkan keuntungan yangbanyak. Menulis adalah berjuang. Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran. Pena adalah senjatanya buku adalah gudang ilmu kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela ilmu. Pertanyaan: Bagaimana pendapat bapak Agus selaku direktur pemasaran penerbit ternama tentang trend buku dengan bentuk softcopy? Pemasaran buku bisa melalui webinar dengan mengadakan promo bersama pihak penulis. Maka yang akan diuntungkan dengan hasil promosi tersebut penulis akan mendapatkan hak royalti yang akan diterima dari hasil penjualan. Bilamana penulis ingin memasarkan sendiri bukunya, kami dari pihak penerbit akan memberikan kontribusi diskon atau rabat kepada penulis tersebut rata-rata 30% sampai 40%. Demikian bisa dijadikan kerja sama untuk sama-sama memasarkan produknya yang telah ditulis oleh penulis tersebut.

Komentar