Teman Sejawat

Teman Sejawat 

Ikut pelatihan modul

Pelatihan modul berawal dari kegiatan  diklat modul yang  dilakukan di SDN 06 Guguk.  Kegiatan itu dilakukan pada tanggal 22 Juni 2020. Kegiatan tersebut digunakan untuk membantu siswa dalam belajar di rumah. Karena kondisi pandemi saat ini, makanya K3S Kecamatan Gunung Talang sepakat mengadakan pelatihan ini. 

Kegiatan ini di sponsori dari dana BOS. Masing-masing sekolah membayar Rp. 85.000, ini pembayaran untuk satu rombel. Sedangkan sekolah 2 rombel membayar Rp.164.000. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk konsumsi dan honor nara sumber. 
Pembelajaran 

Pembagian tugas membuat modul 

Pelatihan ini, dilaksanakan dengansatu hari tatap muka dan sepuluh hari daring.  Satu hari tatap muka digunakan untuk pemberian materi, dan pembagian tugas.  Pembagian tugas diberikan hanya untuk guru yang hadir saja.

Tugas tersebut pembagiannya bervariasi. Ada yang dapat satu pembelajaran dan ada yang dapat 2 pembelajaran.  Untuk materi yang dapat satu pembelajaran adalah guru yang sudah berusia 40 ke atas. Sedangkan guru yang mendapat tugas 2 pembelajaran adalah guru yang berusia 40 ke bawah.

Pembagian tugas matematika seayai dengan kemampuan ICT. Guru yang bisa ICT mendapatkan tugas matematika. 

Membantu teman membuat modul 

Setelah tugas dibagi kami berkumpul dan mencoba membuat tugas yang diamanahkan narasumber. Kebetulan saya mendapatkan tugas modul Matematika. Sedangkanteman saya mendapat tugas tema.

Di tempay diklat saya sudah mampu membuat satu modul langsung dengansoal dan penyelesaiannya.

Pada hari Rabu  tanggal 2 Juli 2020, saya mendapat tamu dari tetangga saya, yang beliau juga dapat tugas membuat modul. Beliau dapat modulnya tema 2 subtema 3 pembelajaran 4. 

Saya membantu beliau membuat modul dan langsung mengetikkannya. Karena beliau sudah usia 51 tahun. Atau sudah hampir pensiun. 

Kami memulai mengerjakannya dengan mencari Kompetensi Dasa dan materi. Setelah itu lanjut ke soal dan pembahasan. Kemusian saya bantu beliau menuliskan bingkainya. Untuk satu materi kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam. 

Lanjut ke materi 2 juga membutuhkan waktu yang sama dengan cara yang sama. Dan terakhir lami mengerjakan tugas dengan materi yang ke tiga. Waktunya juga sama. Setelah selesai saya langsung mengirimkannya lewat WA Grup kelas 5 Kecamatan Gunung Talang. Sebenarnya untuk membuat modul saja tidak perlu menghabiskan waktu 6 jam. 

Membantu teman mengisi bingkai modul

Pada hari Selasa kemarin, tanggal 2 Juli 2020, saya mendapat telepon dan juga WA dari ibu Lindawati. Beliau meminta saya untuk memmbantu menuliskan tugas beliau. 

Saya tentu saja terkejut, dan juga kaget. Karena tugas saya saja belum selesai. Lagi pula saat itu saya sedang sibuk menyelesaikan tugas sekolah yaitu BOS. 

Sehingga dengan berat hati saya menolak permintaan  ibu itu. Kemudian setengah jam setelah itu saya berfikir untuk membantu beliau hanya mengisi bingkainya saja.

Dan itu yang bisa saya lakukan untuk membantu beliau. Makanya saya sarnkan saja beliau mengetik dulu tugas beliau sampai soal. Lalu mengirimkannya ke saya lewat WA.

Setelah saya terima tugas baliau saya langsung mengerjakannya.  Saya lihat tugas beliau hanya mengisi bingkai modul. Saya langsung mengerjakannya dengan senang karena hanya mengcpoy dan paste saja. Setengah jam cukup bagi saya untuk mengedit bibgkai dan tabelnya. Setelah selesai saya langsung mengirimkan kembali kepada beliau. Saya minta beliau untum merevisi mungkin ada kata katanya yang salah.

Membantu teman mengetik modul

Hari ini, hari Minggu tanggal  8 Juli 2020. Saya membantu dua guru sekaligus.  Yang pertama guru kelas enam bernama It. Dan yang keduanya buk Del mengajar di kelas 6.

Beliau mendapat tugas tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 dan tema 2 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 6 dan 1.

Untuk trik pertama saya membantu guru kelas enam.  Membantu bu It dari jam 10 sampai jam 13. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun saya senang melakukannya. 

Trik kedua saya membantu guru kelas 5. Ibu Del sudah membantu dengan cara mengetiknya. Sehingga memudahkan saya untuk mengedit kembali. Waktu yang saya butuhkan hanya 2 jam. Karena hanya mengcopy dan paste saja kemudian isi bingkainya.

Sebenarnya dia itu hebat namun belum mampu untuk membuat modul.  Karena modul merupakan barang baru bagi kami para guru. Sehingga banyak dari para guru yang belum paham. 

Berbuat amal dengan sering membantu apalagi membantu teman sendiri. Mungkin hanya ini yang saya punya, berbagi ilmu dan kemampuan yang dimiliki seadanya.




Komentar

Posting Komentar