Soal PJJ Tema 1 Subtema 2
Soal PJJ Tema 1 Subtema 2
Pembelajaran 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1.
Peristiwa
atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
|
Jawab:
bermain sepeda, membawa motor, dan menari |
2.
Menurut
pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
|
Jawab:
membawa sepeda |
3.
Benarkah
aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya
sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
|
Jawab:
benar. Tanpa adanya organ gerak yang sehat maka manusia tidak akan bisa
kemana-mana. |
4.
Tuliskan
ide pokok dari bacaan bersepeda yang ada di buku siswa!
|
Paragraf |
Ide
pokok |
|
1 |
Bersepeda
merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. |
|
2 |
Bersepeda
dapat mengencangkan otot-otot tubuh |
|
3 |
Jika bersepeda
secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga. |
|
4 |
Salah satu
pilihan yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan
bersepeda. |
|
5 |
Bersepeda juga
merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. |
|
6 |
Oleh karena
bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko
terkena penyakit diabetes. |
|
7 |
Manfaat
bersepeda lainnya adalah mengurangi stres. |
5.
Tuliskanlah
ide pengembang dari ide pokok berikut!
|
Ide
Pokok |
Ide
Pengembang |
|
Bersepeda
adalah kegiatan kesukaanku |
Apalagi kalau
aku bersepeda setiap sore hari. Karena udaranya sejuk dan adem di tubuh.
Bersepeda yang saya sukai di sekitar daerah pegunungan. Lokasinya jauh dari
kebisingan dan aman untuk membawa sepeda. |
|
Aku bersepeda pada sore
hari. |
Bersepeda aku
lakukan setelah mandi sore. Tujuannya, agar bisa rileks sedikit dari semua
pekerjaan yang aku lakukan dan menghindarkan diriku dari stres. |
|
Aku bersepeda bersama
temantemanku. |
Bersepeda
lebih menyenangkan dilakukan dengan teman-teman. Aku berepeda bersama mereka
menelusuri keindahan alam daerahku. Bercanda gurau dan tertawa menghilangkan
kegelisahan otak dalam berbagai aktivitas. |
|
Banyak sekali
manfaat bersepeda yang kurasakan. |
Selama aku
bersepeda banyak manfaat yang aku dapatkan. Seperti, aku merasakan badanku sehat.
Bisa juga silahturahmi dan rasa
memiliki satu sama lain dengan teman saat berepeda. Saling berbagi selama
mengendarai sepeda juga bisaku peroleh. |
Pembelajaran
2
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
Amatilah
gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1.
Kegiatan
yang nampak pada gambar di atas adalah ....
|
Bermain
bola kaki |
2.
Kegiatan
di atas termasuk permainan yang menggunakan ....
|
Organ
gerak. Kaki |
3.
Tempat
yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ....
|
Lapangan
olahraga |
4.
Apa
saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?
|
Pemanasan
agar badan tidak terpaksa untuk melakukan gerakan inti |
5. Tuliskanlah manfaat dari
tulang berikut:
|
Nama
tulang |
Manfaatnya |
|
Tulang hasta |
Memungkinkan
pergelangan tangan untuk memutar. |
|
Tulang atas |
Tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku. |
|
Tulang
pengumpil |
Tempat menempelnya
otot lengan yang akan menggerakkan tangan terutama tangan bagian bawah |
|
Tulang
pergelangan tangan |
Untuk
menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang pangkal tangan (carpals). - Sebagai
tempat menempel otot - Sebagai
alat gerak |
|
Tulang telapak
tangan |
Sebagai
pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang pergelangan. |
|
Tulang paha |
Sebagai tempat menghubungkan tulang bagian pinggul
dan lutut, untuk menyangga badan pada saat berjalan. |
|
Tulang kering |
Untuk menghasilakan sel-sel darah merah dan menyediakan
mineral, partikel kalsium dan posfor |
|
Tulang betis |
Untuk penyangga badan agar kuat dan seimbang dan tempat
melekatnya otot kaki |
|
Tulang
pergelangan kaki |
Sebagai sendi menahan beban penting dibentuk oleh tiga
tulang: tibia, fibula dan lereng |
|
Tulang telapak
kaki |
Sebagai
pijakan agar saat kita berjalan seimbang. |
|
Tulang jari
kaki |
Untuk keseimbangan, jadi ketika anda sedang berlari atau
berusaha berhenti berlari dan juga sebagai tumpuan |
6.
Buatlah
sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini!
Paragraf 1 : Makan sayur membuat
sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan
sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah
sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat
adalah yang bebas dari pestisida
Pembelajaran
3
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Berdasarkan
peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
|
No |
Pertanyaan |
Jawaban 2010 |
|
1 |
Pulau manakah
yang paling padat penduduknya di Indonesia? |
Pulau Jawa |
|
2 |
Pulau manakah
yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? |
Maluku |
|
3 |
Berapakah
jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung? |
7.634.005 jiwa |
|
4 |
Berapakah
jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat? |
8.89 jiwa/km2 |
|
5 |
Berapakah
jumlah kepadatan penduduk Provinsi tempat tinggalmu? |
4 846 909 jiwa |
7.
Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat
dengan
menarik garis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Lakukanlah wawancara dengan penduduk sekitarnya!
Tema
wawancara:
Wilayah Tempat Tinggalku adalah
Indonesia Kecil
Hal
yang menjadi perhatian:
a. Agama penduduk
b. Suku penduduk
c. Tingkat ekonomi penduduk
d. Tingkat pendidikan penduduk
Tuliskan
hasil wawancaramu pada kolom berikut.
Desaku
yang Kaya
|
1. FISIK |
: |
|
a. Luas : |
: |
|
b. Batas : |
: |
|
c. Kondisi
Alam : |
: |
|
2. NON-FISIK |
: |
|
a. Agama
penduduk : |
: |
|
b. Suku
penduduk : |
: |
|
c. Tingkat
ekonomi penduduk : |
: |
|
d. Tingkat
pendidikan penduduk : |
: |
9. Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan Kerukunan Umat
Beragama di Indonesia di atas.
|
Paragraf |
Ide Pokok |
|
1 |
Kerukunan umat
beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai
berkat adanya toleransi beragama |
|
2 |
Kerukunan umat
beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan
hidup. |
|
3 |
Tri Kerukunan
Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan
kehidupan beragama damai dan rukun. |
|
4 |
Tri Kerukunan
Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam
kebersamaan, meskipun banyak perbedaan. |
|
5 |
Tri Kerukunan
Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama
(intern umat beragama) |
|
6 |
Tri Kerukunan
Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki
pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan
keyakinan. |
|
7 |
Adapun Tri
Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antarumat beragama
dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa |
10. Tuliskanlah
nilai-nilai luhur pancasila!
|
SILA I Ketuhanan Yang Maha Esa |
1. Beribadah sesuai dengan agama masing-masing 2. menghormati teman yang sedang melakukan ibadaH 1 Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut
dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. |
|
SILA II Kemanusiaan yang Adil dan Beradab |
1. Membantu teman yang lagi kesusahan 2. berteman dengan semua teman tanpa membedakan status
|
|
SILA III Persatuan Indonesia |
menjaga persatuan dan kesatuan 1.
Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan
negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. |
|
SILA IV Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/ Perwakilan |
1.Mengutamakan
kepentingan Negara dan masyarakat. |
|
SILA V Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
1.Mengembangkan perbuatan luhur yang
mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong. |
11. Tuliskanlah prilaku yang tidak sesuai dengan nilai luhur pancasila!
|
12. Tuliskanlah faktor-faktor yang menyebabkan bangsa Indonesia mempunyai
keberagaman!
|
1.
Nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat. 2.
Wilayahnya yang luas dan berupa kepulauan. 3.
Letak geografis dan strategisnya. 4.
Besarnya jumlah penduduk. 5.
Beragamnya suku, agama, ras, dan golongan. 6.
Beragamnya budaya, sosial, dan ekonomi. |
Pembelajaran 4
Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
1.
Kenampakan
alam apakah yang tampak pada gambar di atas?
|
Jalan
pegunungan, kali atau sungai, danau, bendungan |
2. Kenampakan buatan apakah yang
nampak pada gambar di atas?
|
Jalan
pegunungan, bendungan |
3. Apakah kenampakan alam itu?
|
segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam, dan bukan merupakan akibat
aktivitas manusia |
4. Apakah kenampakan buatan itu?
|
Segala sesuatu
yang ada di bumi ini yang sengaja dibuat oleh manusia. |
5. Tuliskanlah bentang alam
secara umum! Dan isilah tabel berikut!
|
Nama Pulau |
Bentang Alam Secara Umum |
|
Sumatera |
a. Gunung :
Gunung kerinci di Sumatera barat Tingginya 3.805 m Gunung berapi paling terdashyat di pulau Sumatera: Gunung Toba Purba
gunung ini meletus 74.000 tahun yang lalu · b. Lembah : Lembah Anai, Sumatera
Barat,Lembah Ngarai Sianok, Sumatera Barat , terletak di perbatasan
kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. ·
Lemabah Harau, Sumatera Barat
, terletak di kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi
Sumatera Barat · c. Bukit : Bukit Pasai, Aceh · Bukit Minangkabau,
Sumatra Barat · Bukit Kayangan, Jambi · Bukit Lebon, Bengkulu ·
Bukit Barisan, Bengkul ·
· d. Sungai : Sungai Angkola,
Sumatra Utara · Sungai Antokan,
Sumatra Barat · Sungai Alas, Bengkulu · Sungai Bangko, Riau · Sungai Basai, Lampung · Sungai Musi, Palembang · Sungai Bulurangtiding,
Sumatra Selatan e. Dataran
rendah : · Anggi Giji, Aceh · Danau Diatas, Sumatra
Barat · Dipacampat, Jambi · Danau Emas, Bengkulu · Airhitam, Sumatera
Selatan f. Pantai : · Pantai Kasih, Aceh · Pantai Cermin, Sumatra
Utara · Pantai Air Manis,
Sumatra Barat |
|
Sulawesi |
a.
Gunung : 1.Klabat b.
Lembah : 1.Bada c.
Bukit : 1.Olon 2.Kasih 3.Nona 4.Donggia 5.Pampea d.Sungai: 1.Girirang 2.Janeberang 3.Bongkal 4.Poso 5.Labandia e.Dataran
rendah 1.Maros 2.Pengkep 3.Selayar 4.Bantaeng 5.Gowa f.Pantai: 1.Nirwana 2.Kamali 3.Rosali 4.Malalayang 5.Pulisan |
|
Papua |
a. Gunung : b. Lembah : c. Bukit : d. Sungai : e. Dataran
rendah : f. Pantai : |
|
Kalimantan |
a. Gunung : · Gunung Batutilan · Gunung Halau-Halau · Gunung Batubrok · Gunung Kelam · Gunung Aurbunak · Gunung Piyabung · Gunung Betikap · Gunung Liangpran · Gunung Niut · Gunung Tikung Lembah · Lembah Bawang · Lembah Kahung Bukit · Bukit Lintang · Bukit Kelam · Bukit Langara · Bukit Poteng · Bukit Tiong Kandang · Bukit Saran · Bukit Batu Daya · Bukit Nyiut Sungai · Sungai Kapuas · Sungai Pawan · Sungai Kunyit · Sungai Martapura · Sungai Mahakam · Sungai Mentaya · Sungai Sesayap Dataran Rendah · Dataran Rendah Selor · Dataran Rendah Redeb · Dataran Rendah Kulau Kapuas · Dataran Rendah Ketapang · Dataran Rendah Telukmelano Pantai · Pantai Lamaru · Pantai Kemala · Pantai Benua Patra · Pantai Beras Basah · Pantai Biduk-biduk |
|
Kepulauan Maluku |
a. Gunung : Gunung
Iliboleng,Gunung Lewotobi,Gunung Mutus,Gunung Rinjani,Gunung Tambora,Gunung
Batutara,Gunung Egon,Gunung Iliwerung Gunung Ine Lika,Gunung
Lewotolo,Gunung Mutis,Gunung Rokatenda Gunung Kelimutu 1. Gunung : - Gamsunoro - Kapalamadan - Sahuwai - Waloolon - Hiri - Dukono 2. Lembah : - Aliamato - Argo 3. Bukit : - Bukit Durian - Bukit
Foramadiahi - Bukit Tidore 4. Sungai : -
Yalua - Togorala – Sarafo - Sapulawa - Ruate - Castelo - Apu 5. Dataran rendah : - Dat.Rendah
wilayah ambon pesisir pantai - Dat.Rendah
wilayah kabupaten Maluku Tenggara - Dat.Rendah
di Pulau Seram bagian Timur 6. Pantai : - Liang - Natsepa
Beach - Sopapei - Ora - Jikumerasa - Ngurtafur |
|
Pulau Bali |
1. Gunung : - Agung - Batur - Bratan - Egon - Patuha - Merbuk 2. Lembah : -
Pantunan - Tukad
Melangit 3. Bukit : - Abah - Buluh - Lingga - Jambul -
Sambong -
Canggah 4. Sungai : -
Melangit - Oos - Yeh
Empas - Balian - Telaga
Waja - Unda - Badung - Ayung - Petanu - Penet 5. Dataran
rendah : -
Tabanan -
Gianyar - Buyan - Batur -
Buleleng 6. Pantai : - Nusa
Dua Bali - Kuta
Bali -
Jimbaran -
Pandawa - Sanur - Karma
Kandara - Tanah
Lot |
|
Kepulauan Nusa Tenggara |
a. Gunung : Gunung
Iliboleng,Gunung Lewotobi,Gunung Mutus,Gunung Rinjani,Gunung Tambora,Gunung
Batutara,Gunung Egon,Gunung Iliwerung Gunung Ine Lika,Gunung
Lewotolo,Gunung Mutis,Gunung Rokatenda Gunung Kelimutu 2. Lembah ; -
Rinjani - Hijau Lombok - Paundoa - Bola Palelo - Jerebu'u 3. Bukit : - Batu
Hidung - Mando'o - Merese - Pengasingan - Cinta 4. Sungai : -
Wano kaka - Tuasene - Powu - Kau Bele - Bukapiting -
Waikomo - Bama 5. Dataran rendah
: - Lombok - Sumbawa - Flores 6. Pantai : -
Pink Beach - Selong Belanak - Senggigi - Gili Trawangan -
Sekotong - Koka - Mandorak |
5.
Pada
bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
|
Oktober
-april |
6.
Pada
bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
|
April-Oktober |
7.
Ceritakan
fenomena alam angin muson di Indonesia!
|
Angin Muson
merupakan angin musiman yang biasanya terjadi terutama di Samudera Hindia dan
sebelah selatan Asia. Munculnya
angin muson biasanya ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Angin muson
ini dibedakan menjadi dua macam yaitu : - Angin muson
barat adalah angin yang bertiup dari benua Asia ke benua Australia yang
biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret - Angin muson
timur adalah angin yang bertiup dari benua Australia ke benua Asia pada bulan
April hingga Oktober. Angin Muson
Barat di Indonesia Angin ini
bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua
Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan
benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum dan bersifat
basah sehingga membawa musim hujan/penghujan. Angin Muson
Timur di Indonesia Angin ini
bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan
benua Australia mengalami musim dingin, sehingga memiliki tekanan maksimum
dan Benua Asia lebih panas, sehingga memiliki tekanan minimum. Angin ini
bersifat kering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim
kering/kemarau. Dampak positif
angin Muson barat : - Ketersediaan
air sangat cukup - Tanaman
menjadi subur - Peghematan
biaya bagi petani. - Masa tanam
kebun lebih panjang. - Udara
menjadi lebih bersih. Dampak negatif
angin Muson barat : - Terjadinya
banjir dimana- mana. - Berpotensi
menyebabkan tanah longsor. - Banyak
penyakit yang timbul. |
8. Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Beragamnya Flora
dan Fauna Indonesia” di atas!
|
Paragraf |
Ide Pokok |
|
1 |
Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna |
|
2 |
Banyak faktor
yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna |
|
3 |
Faktor
penyebab kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia adalah tanah. |
|
4 |
Air juga
merupakan faktor penting yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan
faunadi Indonesia |
|
5 |
Selain iklim,
tanah, dan air yang merupakan faktor abiotik, ada juga faktor biotik yang
mempengaruhi kaya dan beragamnya flora dan fauna di indonesia, yakni manusia |
|
6 |
Di sisi lain,
manusia juga memperngaruhi keberlangsungan hidup flora dan fauna |
|
7 |
Faktor biotik
selain manusia adalah hewan dan tumbuhan itu sendiri |
10.Pasangkanlah
dengan garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai
Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai!
|
|
|
Menggunakan
hak pilih dalam pemilu |
|
SILA II |
|
Mempersilakan
teman untuk melaksanakan peribadahan |
|
SILA III |
|
Menganggap
pembantu sebagai bagian dari anggota keluarga. |
|
SILA IV |
|
Mengadili
pelanggar hukum sesuai dengan undang-undang |
|
SILA V |
|
Menjenguk
teman yang sakit |
11. Berilah tanda
silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
|
v |
X |
|
V |
X |
|
X |
V |
|
v |
X |
Pembelajaran 5
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1. Berdasarkan bacaan Otot Manusia di atas, temukan ide pokok masing-masing
paragraf.
|
Paragraf |
Ide Pokok |
|
1 |
Otot-otot dalam tubuh manusia
memiliki beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama adalah untuk bergerak |
|
2 |
Otot dalam
tubuh manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja |
|
3 |
Selain itu,
otot dalam tubuh manusia juga berperan dalam gerakan manusia yang tidak
sengaja |
|
4 |
Otot dalam
tubuh juga berfungsi memberikan dukungan |
|
5 |
Fungsi lain
dari otot adalah untuk mempertahankan postur tubuh |
|
6 |
Otot juga
berperan dalam menjaga suhu tubuh secara keseluruhan |
2. Tuliskanlah dua
macam desain cover !
|
Cover
dengan latar berwarna putih dan sederhana Desain
penuh warna dan gambar |
3. Tuliskanlah
fungsi otot manusia yang ada pada bacaan di buku siswa!
|
Mendukung tubuh, menjaga postur tubuh,
menjaga suhu tubuh |
4. Buatlah gambar
desain cover pada buku kolom di bawah ini!
|
Sesuai
dengan buku siswa |
Pembelajaran 6
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Cara menjaga dan merawat otot pada manusia adalah sebagai berikut!
|
Menghindari gerakan yang membebani kerja otot
secara berlebihan Melakukan pergelangan Melakukan pelatihan rutin Memenuhi kebutuhan cairan tubuh Mengonsumsi makanan yang bergizi dan bermanfaat
bagi otot Meringankan nyeri otot |
2. Berdasarkan bacaan Ade Rai,
Binaragawan Perkasa Indonesia adalah di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
|
Paragraf |
Ide Pokok |
|
1 |
Ade Rai adalah sosok pria
perkasa yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia |
|
2 |
Pada waktu
kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan
bisa dibilang sangat kurus |
|
3 |
Ade Rai
memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga |
|
4 |
Prestasi
pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995 |
|
5 |
Masalah
prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi |
|
6 |
Berkat
pretasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binarag di Indonesia |
|
7 |
Setelah
pensiun sebagai atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung dalam dunia binaraga |
3. Lengkapilah tabel berikut! Lengkapi tabel berikut!
|
Gambar Cover |
|
|
Unsur-unsur |
Ragam Desain |
|
a. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf
yang menarik dan mencolok b. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat
dan mudah dipahami c. Terdapat nama penulis d. Terdapat identitas penerbit e. Menyertakan gambar yang menarik f. Terdapat sinopsis isi buku pada sisi
belakang g. Terdapat identitas buku pada punggung buku |
Cover
sederhana Desain penuh
warna dan gambar |
4. Buatlah gambar cover pada kolom berikut.
|
|






















Komentar
Posting Komentar