Manfaat aplikasi WhatsApp dan YouTube dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19


Pembelajaran di sekolah dasar saat saya lakukan dengan cara membuat grup whatsapp dan juga penggunaan youtube.

Dengan grup WhatsApp ini memang sangat memudahkan bagi saya dalam memberikan informasi dan juga pengarahan serta pembelajaran dan juga materi.

Karena pada anak-anak usia SD mereka hanya mampu menggunakan whatsapp dan juga youtuber.

WhatsApp mampu mengirimkan pesan baik secara word, Excel ataupun secara PDF.

Bagi siswa untuk membaca materi tersebut mereka hanya membuka satu buah aplikasi saja.

Sedangkan untuk video pembelajaran saya memberikan biasanya berupa link YouTubenya.

Dengan grup WhatsApp ini semua siswa hanya tinggal mengklik link YouTube yang saya berikan.

Dengan adanya perkembangan teknologi dalam pendidikan aplikasi-aplikasi dari perkembangan teknologi ini sangat memudahkan bagi saya dalam memberikan materi dan juga perintah tugas ataupun soal-soal.

Apalagi pada masa pandemi ini kalau dahulu saya memberikan tugas hanya melalui pesan dari mulut ke mulut dan juga secara lisan tapi sekarang alhamdulillah tugas yang saya berikan berupa link atau foto melalui grup WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan pesan baik secara individual maupun secara kelompok.

Tetapi kelebihannya pada WhatsApp ini juga bisa mengirimkan video ataupun pesan suara,file baik dalam bentuk PDF Microsoft word maupun Microsoft Excel.

Semuanya sangat memudahkan, sehingga hal ini sangat cocok bagi saya untuk menggunakannya pada pembelajaran di sekolah dasar.

Berhubung sekolah dasar di tempat saya mengajar belum mampu menggunakan IC dengan baik dan pada umumnya sekolah dasar di daerah saya kabupaten Solok.

Siswa sekolah dasar belum mahir atau belum mampu menggunakan laptop secara sempurna.

Sehingga sangat menyulitkan bagi mereka untuk mempelajari pembelajaran atau materi melalui aplikasi lain selain dari WhatsApp.

Pemilihan aplikasi ini sesuai dengan kemampuan siswa dalam menggunakan handphone dan juga dalam memahami teknologi yang ada pada zaman sekarang ini.

Sekaligus disesuaikan dengan kemampuan dari orang tua dalam mengaplikasikan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pada umumnya semua wali murid atau orang tua siswa sudah memiliki aplikasi WhatsApp dan sudah mampu mengaplikasikannya dengan baik.

Jadi kalau mereka mempunyai anak yang belum mampu mengaplikasikan WhatsApp ini dengan baik, mereka mudah untuk mengajarkannya kepada anak-anak mereka di rumah.

Dan juga membimbing anak-anak mereka untuk menggunakan aplikasi ini dengan baik dan juga penggunaan aplikasi qYouTube.

Aplikasi whatsapp dan juga YouTube sangat membantu saya dalam mengajar di masa pendiri ini.

Berhubung ada aturan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten, melarang berkumpul dan juga menyuruh untuk mengatur jarak antar individu dengan individu dan individu dengan kelompok.

Maka dari itu penggunaan aplikasi whatsapp dan juga YouTube ini sangat membantu dalam pembelajaran dimasa pandemi.

Walaupun siswa tidak bertemu dengan gurunya secara langsung tetapi, mereka tetap belajar dengan baik.

Apalagi dengan aplikasi ini mereka bisa mempelajari dengan baik. Dengan demikian mereka juga akan paham materi-materi yang disampaikan secara baik.

Artikel ini sengaja penulis bahwa buat untukmengikuti lomba blog dalam rangka memeriahkan hari bahasa dan sumpah pemuda 28 Oktober 2020 yang saya dapatkan dari link 

https://www.gurupenggerakindonesia.com

#PGRI #KOGTIK #Epson #KGSN



Komentar