Pentingnya ilmu pedagogik bagi seorang guru

 Pentingnya ilmu pedagogik bagi seorang guru 



Pedagogik adalah keilmuan yang mempelajari karakteristik peserta didik.


Dengan ilmu pedagogik inilah guru lebih mudah membedakan  dan menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.



Pedagogik sangat penting dimiliki oleh seorang guru.Hal ini diperlukan untuk pelaksanaan dan kelanjutan proses pembelajaran.


Kalau seorang guru tidak memiliki ilmu pedagogik,maka guru tersebut akan kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran. 


Walaupun ada juga guru yang mampu memberikan materi tanpa memiliki ilmu pedagogik yang mantap, tetapi guru tersebut akan kesulitan dalam memahami kondisi dan karakteristik siswa. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran tidak akan tercapai maksimal.


Untuk contoh bisa kita pahami betapa pentingnya ilmu pedagogik bagi seorang guru yang profesional seperti, waktu pelaksanaan tes CPNS dan UKG untuk sertifikasi.


Untuk pelaksanaan tes CPNS peserta akan menjalani dua kali tes yaitu tes umum dan tes bidang. Tes umum itu adalah tes tentang pengetahuan umum dari calon CPNS baik untuk guru maupun untuk CPNS lainnya. Dan tes bidang adalah tes profesional tentang bidang yang dimiliki oleh peserta calon CPNS yaitu berupa ilmu pedagogik.


Apabila peserta calon CPNS tersebut untuk guru maka tes bidangnya tentang profesionalitas menjadi seorang guru dan juga pemahaman karakteristik siswa inilah yang dinamakan dengan pedagogik. Sedangkan untuk calon CPNS perkantoran dan juga kesehatan mereka juga memiliki kemampuan ataupun keahlian di bidang mereka masing-masing.


Sedangkan untuk peserta UKG adalah salah satu syarat penentuan ikut serta PLPG atau sekarang lebih dikenal dengan PPG. 


Pada saat tes UKG tersebut seorang peserta atau guru akan mengalami dua macam tes. Yang pertama tes umum dan juga tes pedagogik atau keahlian.


untuk penilaian atau skornya tes pedagogik ini lebih tinggi nilainya dari pada tes penilaian umum.


Apabila tes pedagogik nya banyak yang salah kemungkinan sekali untuk hasil tes yang akan berkurang. Namun, apabila hasil tes umumnya maksimal atau betul seluruhnya ada kemungkinan guru atau peserta UKG tersebut bisa melanjutkan ke jenjang PLPG atau PPG sebagai salah satu syarat untuk penerima tunjangan sertifikasi.



Di samping itu guru harus bisa mengembangkan kemampuan pedagogik dengan sebuah kurikulum. Yaitu dengan menyeimbangkan kemampuan pedagogik dengan cara meningkatkan kemampuan guru men-delivery materi ajar ke anak dengan baik cara yang tepat, efektif dan efisien, sehingga siswa dapat memahami materi tersebut dengan mudah dan juga dengan tingkat pemahaman yang dalam. 


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru saat mengajar adalah:


1. Usia peserta didiknya, usia perkembangannya.


2. Daya tangkap siswa.

3. Gaya belajar anak.

4. Kesiapan belajar siswa, background knowledge siswa

5. Lintasan belajar suatu materi dari yang mudah hingga yang sulit


Dengan adanya pemahaman guru tentang ilmu pedagogik ini diharapkan peserta didik mampu menyerap ilmu yang diperolehnya di sekolah dan diterapkan dalam kehidupan. Tanpa harus adanya pemaksaan yang signifikan.

Komentar