Pemasaran Buku
Asaalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
Pertemuan kesepuluh
ini didampingi oleh Ibu Nurhasanah sebagai moderator dan Bapak Agus Subardanasebagai
narasumber. Untuk materi pada pertemuan kali ini adalah Pemasaran Buku Saat
Menghadapi Pendemi ini.
Buku merupakan
salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran
serta sarana penyampaian informasi.
Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk
membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Penerbitan
buku saat ini disaat pandemi covid-19 mengalami penurunan.
Untuk mempertahankan penerbitan buku pemasaran buku
harus memiliki strategi yang jitu agar bisa bertahan di masa pandemi ini.
Dampak
pemasaran buku mulai dari maret 2019 sampai mei 2021 pengunjung toko dan mall
masih memiliki keraguan untuk melihat buku. Unutk penerit andi masih
bisabertahan.
Pemasaran buku
untuk penerbit Andi sekarang masuk ke era digital atau online.
Pilihan
strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik
. Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di
terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi
katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup
banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak,
buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku
Teks , dan lain-lain ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami
dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk
dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit Andi Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut.
Adapun Strategi
pemasaan buku
1.
Terhubung dengan pelanggan buku di media sosial
2.
Pastikan terhubung dengan media sosial yang
mudah diakses
3.
Pemasaran buku lewat Komunitas
4.
Selalu tampil yang pertama dibandingkan
kompetitor
5.
memberikan promo khusus, lebih pro aktif di
sosial media seperti webinar, diskon
6.
Jadikan brand yang sesuai dengan konsumen
Untuk
penjualan buku online harus pro aktif:
Menyebarkan informasi secara masif kepada konsumen
Mendapat konsumen baru dan mempertahankan kkonsumen lama
Menjaga kestabilan penjual di saat pandemi
Menaikkan penjualan
Membandngkan keunggulan produk dengan pesaing
Membentuk citra produk di mata konsumen
Pemasaran buku
juga bisa melalui daratan. Maksudnya pemasaran buku bisa dilakukan melalui
beberapa komunitas. Adapaun Pemasaran buku melalui komunitas atau grup resmi
yang dikelola. Seperti :
Mempunyai grup wa
Lebih efektif dan sangat menguntungkan
Proaktif
Pemasaran buku
melalui darat sudah dilakukan oleh penerbit Andi. Hal ini dibuktikan dengan
adanya beberapa cabang penerbit Andi yang tersebar diberbagai daerah di Aceh
hingga papua. Contohnya, Penerbit Andi telah mempunya 87 cabang di kota dari
Aceh hingga Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
Pemetaan jenis toko buku menjadi tiga bagian:
Modern gramedia. Menawarkan buku baru diberikan PO,
menguasai display, tidak bisa mengadakan promo, pemoyongan harga, program
promosi, proaktif dengan pihak buku
Semi modern
Tradisional pemberlakuan sistem tunai
Derek langsung
ke sekolah-sekolah untuk semua jenjang dibedakan menjadi klaster-klaster.

Selalu ada jalan bagi seorang penulis untuk menerbitkan bukunya
BalasHapus