Pemasaran Buku


 Asaalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Pertemuan kesepuluh ini didampingi oleh Ibu Nurhasanah sebagai moderator dan Bapak Agus Subardanasebagai narasumber. Untuk materi pada pertemuan kali ini adalah Pemasaran Buku Saat Menghadapi Pendemi ini.

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Penerbitan buku saat ini disaat pandemi covid-19 mengalami penurunan.

Untuk  mempertahankan penerbitan buku pemasaran buku harus memiliki strategi yang jitu agar bisa bertahan di masa pandemi ini.

Dampak pemasaran buku mulai dari maret 2019 sampai mei 2021 pengunjung toko dan mall masih memiliki keraguan untuk melihat buku. Unutk penerit andi masih bisabertahan.

Pemasaran buku untuk penerbit Andi sekarang masuk ke era digital atau online.

Pilihan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dan lain-lain ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis.  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.           Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.           Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit Andi Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut.

Adapun Strategi pemasaan buku

1.       Terhubung dengan pelanggan buku di media sosial

2.       Pastikan terhubung dengan media sosial yang mudah diakses

3.       Pemasaran buku lewat Komunitas

4.       Selalu tampil yang pertama dibandingkan kompetitor

5.       memberikan promo khusus, lebih pro aktif di sosial media seperti webinar, diskon

6.       Jadikan brand yang sesuai dengan konsumen

 

Untuk penjualan buku online harus pro aktif:

Menyebarkan informasi secara masif kepada konsumen

Mendapat konsumen baru dan mempertahankan kkonsumen lama

Menjaga kestabilan penjual di saat pandemi

Menaikkan penjualan

Membandngkan keunggulan produk dengan pesaing

Membentuk citra produk di mata konsumen

 

Pemasaran buku juga bisa melalui daratan. Maksudnya pemasaran buku bisa dilakukan melalui beberapa komunitas. Adapaun Pemasaran buku melalui komunitas atau grup resmi yang dikelola. Seperti :

Mempunyai grup wa

Lebih efektif dan sangat menguntungkan

Proaktif

 

Pemasaran buku melalui darat sudah dilakukan oleh penerbit Andi. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa cabang penerbit Andi yang tersebar diberbagai daerah di Aceh hingga papua. Contohnya, Penerbit Andi telah mempunya 87 cabang di kota dari Aceh hingga Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

Pemetaan jenis toko buku menjadi tiga bagian:

Modern gramedia. Menawarkan buku baru diberikan PO, menguasai display, tidak bisa mengadakan promo, pemoyongan harga, program promosi, proaktif dengan pihak buku

Semi modern

Tradisional pemberlakuan sistem tunai

Derek langsung ke sekolah-sekolah untuk semua jenjang dibedakan menjadi klaster-klaster.

Komentar

Posting Komentar