Blog sebagai sarana Pembelajaran
Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera untuk Bapak Ibu guru di seluruh tanah air.
Malam ini kita akan memasuki
pertemuan ke-29, artinya satu pertemuan lagi, kelas ini akan berakhir.
Ada beberapa hal yang ingin saya
sampaikan kepada para peserta di grup, mohon setiap gelombang mempersiapkan
perpisahan virtual.
Jangan lupa satukan naskah resume
yang terkumpul hingga dikemas menjadi sebuah buku yang menarik. Karena banyak
ilmu dari narasumber hebat terkait tentang teknik dan dunia literasi yang
sayang kalau tidak dibukukan.
Setelah buku terbit, jangan lupa isi form
https://pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com/2020/06/form-bukti-buku-terbit.html
Bapak Ibu yang berbahagia. Malam ini
kita akan ditemani narasumber hebat, Mayor Nani Kusmiyati, S.Pd. M.M., CTMP. dengan
tema “Blog sebagai sarana pembelajaran”.
Mayor TNI AL ini sangat keren sekali.
Beliau adalah alumni gelombang 8, sahabat saya, guru saya, dan penyemangat
saya, saat jadi kita satu kelas dulu. Namun sayang, saya tidak lulus dan harus
mengulang kelas. Yuks simak CV Mayor Nani.
https://terbitkanbukugratis.id/nani-kusmiyati/09/2021/curriculum-vitae-nani-kusmiyati/
https://terbitkanbukugratis.id/nani-kusmiyati/09/2021/curriculum-vitae-nani-kusmiyati/
Beliau sudah menulis 32 antologi dan
2 buku solo. Sedangkan Aam baru 25 buku. Masih jauh dari buku karya Mayorku.
Assalamuailaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh.
Selamat malam semuanya, terima kasih
moderator yang baik hati, sahabat saya dimanapun berada.
Blog Sebagai Sarana Pembelajaran.
Saya mengambil topik ini untuk
mengingatkan saya pribadi dan bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita
menulis dibuku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu
mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari
sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang
lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar
di bangku sekolah maupun kuliah.
Saat ini blog bukanlah sesuatu yang
baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun
yang lalu para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk
mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya.
Bagi saya blog sangat membantu
mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian saya baik dimasa lampau atau
saat ini. Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah
mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian dimasa
kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh untuk
mengingatnya. Maka saya menyarankan jika bapak ibu melihat kejadian yang
menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak
selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk
menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik
untuk diceritakan.
Setelah memiliki waktu luang barulah
kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada
waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri
maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk
menuliskannya? Saya yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk
saya pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, saya akan berusaha untuk meluangkan
waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian
dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.
Menulis tidak dapat kita lakukan
ketika kita sedang mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan
berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama
perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja,
yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah
dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.
Blog dapat menjadi sarana belajar,
terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik
hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog
dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat
menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut
dapat saling melengkapi akan lebih bagus. Blog dapat menjadi suatu pilihan
sebagai media pembelajaran. Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi
dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik
mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk
atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan
sangat riskan hilangnya materi ajaran.
Blog adalah salah satu media aman
untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang
terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa
dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat
dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca
orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat
konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.
Ketika mengajar, saya gunakan blog
untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog
mereka dan mengirmkan linknya ke group. Saya juga memberi tugas ke siswa lain
untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Saya tidak dapat
memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak
pekerjaan rumah dari guru berbeda.
Hal terutama saya praktekkan ketika
pembelajaran via daring, selama pandemi ini.
Jika di kelas sebenarnya dapat di
praktekkan karena dapat menjadi mix method dalam mengajar.
Dalam bahasa Inggris, writing
termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi
kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris
elementary, saya biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara
mendeskripsikan topik tersebut. Saya juga menyarankan menggunakan google
translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan
kembali dengan bahasa mereka sendiri.
Di group ini ada beberapa siswa saya,
namun hanya menyimak karena kesibukan di lapangan. Pada saat mengajar di group
mereka saya belum menggunakan blog. Karena saya mengenal blog ketika mulai
pandemi.
Bagi yang benar-benar level begginer
saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman
SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan
dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar
menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia
dan bahasa Inggrisnya.
Bagaimana dengan siswa SD atau SMP?
Menurut saya mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau
kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. Jika
perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang
dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus
untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.
Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT
bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung
dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika
bersosial media.
Guru bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika
speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana
pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan
menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi
kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain.
Jika bapak ibu setiap saat menulis
materi mengajarnya di blog, selama 1 bulan akan memiliki kumpulan materi yang
kemudian dapat dibukukan. Maka jadilah sebuah buku pelajaran karya pribadi
dengan tidak lupa mencantumkan referensinya.
Saat ini saya sedang menulis buku
ke-3, walau sedikit tersendat-sendat karena kesibukan lain, saya berusaha
menyelesaikannya. Demikian juga dengan bu Aam yang memiliki banyak buku solo
Saat ini ibu Aam dan saya juga
sahabat-sahabat literasi lain sedang mengikuti tantangan dari YPTD, menulis 40
artikel.
Buku ini juga merupakan aplikasi dari
blog sebagai pembelajaran.
Tema dari buku saya adalah seputar
public Speaking dan MC dalam bahasa Inggris dan Indonesia.
Saya mengambil topik ini berdasarkan
pengalaman ketika saya menjadi guru, juga menjadi MC di lingkungan militer.
Media yang sulit perlu dipelajari dan
di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika
dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan
have fun dengan blog.
Dengan memasukan materi pelajaran ke
blog, bisa jadi tabungan ide tulisan deh.
Ketika mengajar, saya gunakan blog
untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog
mereka dan mengirmkan linknya ke group. Saya juga memberi tugas ke siswa lain
untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Saya tidak dapat
memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak
pekerjaan rumah dari guru berbeda.
Bagaimana cara membuat personal brand
utk blog yg kita bwt?
Faktor" apa saja yg mempengaruhi
agar blog kita bisa dibaca dan disukai oleh banyak orang?
Menurut saya cara membuat personal
brand, tergantung bapak ibu sendiri. Blog akan kita tujukan ke siapa? Jika
memang blog ditujukan untuk murid-murid kita maka bapak bisa mencantumkan ttg
bapak dengan di dukung foto-foto, juga wise saying atau quotes.
Bagi saya pribadi, saya tidak terlalu
memikirkan bahwa blog saya akan di sukai atau tidak. Yang terpenting isi blog bermanfaat
bagi diri sendiri dan orang lain.
Jika banyak artikel yang menarik, saya
percaya pembaca pasti suka.
Menarik. Sepakat sekali Bu. Saya
sudah membuat blog pembelajaran dengan materi dan tugas yang juga terkoneksi google classroom. Tetapi, belum
meminta siswa untuk membuat blog mereka sendiri. Sudah ada ide tapi belum
disampaikan. Semoga segera dapat direalisasikan seperti Ibu.
Cara merngoptimalkan blog siswa dalam
pembelajaran.
Cara mengoptimalkan tergantung banyak
pelajaran yang dimiliki siswa ibu. Jika memang banyak tugas dari guru lain, ibu
bisa meminta para siswa ketika pelajaran dari ibu saja.
Assalamualaikum, Bu Saya RIES
MUHAMMAD EFFENDY dari SDN JATINEGARA KAUM 01 Jakarta timur
Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT
bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung
dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika
bersosial media.
Blog dapat meningkatkan prestasi,
tergantung materi yang diberikan bapak ibu. Blog dapat membantu untuk pelajaran
reading dan terutama writing.
Menulis materi pembelajaran diblog
bisa membuat siswa menjadi berprestasi dan banyak membaca. Untuk memudahkan isi blog bisa dipakai
membuat materi pelajaran.
Hanya saja tergantung nanti bagaimana
gurunya dalam memberikan rarahan kepada siswanya.
Sebagai muslimah yang berkarir di
militer, dan ibu bisa terus meniti karir hingga hari ini. Siapakah yang paling
mendukung Ibu ? . Apa saran ibu kepada
kami yang saat ini lagi semangat menulis di blog dan membuat buku ?
Baik bapak ibu, terima kasih telah
mengikuti sharing ilmu, semoga bermanfaat,. mhn maaf jika ada perkataan yg
kurang berkenan dihati.
Yang sangat berikan support berkarir sebagai
militer, suami dan anak-anak saya dan keluarga besar.
Sangat berharga sekali karena kita
sebagai guru dituntut harus melek IT dan belajar menabung materi pada sebuah
blog.
Menulis diblog bisa memberikan
manfaat sebagai berikut: blog sebagai sarana pembelajaran, blog sebagai
simpanan file atau materi untuk dijadikan sebuah buku. Unutk menjadikan naskah
pada blog menjadi sebuha buku kita hanya akan mengedit sedikit saja. Dengan adanya
blog memudahkan kita untuk membuat ide dalam meyusun sebuah buku.
Komentar
Posting Komentar