Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PPSPI

 

Tugas 1.

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

Kelas                     : V

Mata Pelajaran : Pembelajaran 1 (Bahasa Indonesia dan IPA)

Materi                  : Organ dan fungsi organ pencernaan hewan dan manusia

 

1)      Implementasi prinsip Multiple means of engagement dalam strategi pelaksanaan pembelajaran

Tuliskan strategi apa yang anda akan buat untuk memotivasi peserta didik di kelas agar bisa merangsang minat dan termotivasi untuk mempelajari materi tersebut dan bisa saling bekerjasama dalam mempelajari materi tersebut!

 

Menyediakan gambar terkait materi yang akan dibahas.

Membuat video pembelajarannya agar lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa.

Membuat gambar organ pencernaan hewan dan manusia serta fungsinya

Melakukan diskusi dengan melibatkan seluruh siswa.

 

2)      Implementasi prinsip Multiple means of representation dalam strategi pelaksanaan pembelajaran

Tuliskan stategi apa yang anda akan buat untuk menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara peserta didik memberikan makna pada pembelajaran, sesuai keragaman mereka!

Strategi yang akan anda untuk memastkan peserta didik dengan gaya belajar auditori dapat memahami materi yang anda ajarkan!

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Memberikan rekaman berupa audio. Memberikan alat berupa radio. Kemudian siswa diminta akan menjelaskan kembali tentang pembahasan yang dibahas pada alat tersebut.

 

 

 

 

 

Strategi yang akan anda buat untuk memastkan peserta didik dengan gaya belajar visual dapat memahami materi yang anda ajarkan!

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Pembelajaran pada gaya ini, lebih mendominankan gaya penglihatan anak. Apabila penglihatannya bagus maka, hasil pembelajarannya bagus. Atau sebaliknya.

Pada pembelajaran ini guru harus lebih aktif lagi untuk menyiapkan video pembelajaran.

 

Strategi untuk yang akan anda buat memastkan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik dapat memahami materi yang anda ajarkan!

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Pembelajaran yang berupa gerakan. Dimana siswa nantinya akan diberikan contoh untuk melakukan aktivitas sesuai materi. Atau bisa juga tentang cara mengatasi gangguan peredaran darah.

Strategi apa yang anda akan buat untuk memastkan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK dapat memahami materi yang anda ajarkan, seuai profil belajar mereka !

Auditori dan visual

 

 

 

 

3)      Implementasi prinsip Multiple means of representation dalam strategi pelaksanaan pembelajaran

Tuliskan dalam bentuk apa anda memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara pada materi yang anda ajarkan!

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Verbal-Linguistik:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Di suruh untuk membaca materi yang ada pada buku siswa. Kemudian diminta untuk menuliskan kembali di buku tulisnya dengan bahasa yang bagus.

 

 

 

 

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Logis-Matematis:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Diarahkan dengan ekstrakurikuler tentang matematika. Diikutkan dalam lomba olimpiade anta rsekolah dan juga antar kabupaten.

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Spasial-Visual:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Anak akan diarahkan untuk mnegikuti kegiatan siang tentang melukis. Kemudian memberikana alat-alat melukis sebagai motivasi baginya. Diikut sertakan dalam lomba melukis. Tingkat desa, sekolah dan kabupaten.

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Kinestetik-Jasmani:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

 

 

 

 

 

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Musikal:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Intrapersonal:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Interpersonal:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Diberikan kegiatan bimbingan terhadap bidang olahraga. Baik berupa lari maupun olahraga yang lainnya.

 

 

 

 

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Naturalis:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Lebih diarahkan untuk membimbing di bidang peternakan dan pertanian. Karena hobi dan kesukaannya di bida tersebut.

Untuk peserta didik anda yang menonjol pada kecerdasan Eksistensial:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Siswa lebih diarahkan untuk kegiatan penulisan sesuai dengan benda nyata yang dia lihat.

Untuk PDK yang ada di kelas anda sesuai PBS-nya:

(Tuliskan jawaban anda disini!)

Interpesonal kelebihan dalam memahami kegiatan fisik.

 

 

 

 

 

Keterangan:

1.      Kecerdasan Verbal-Linguistik

Kecerdasan majemuk verbal-linguistik melibatkan kemampuan berbahasa melalui membaca, menulis, berbicara, memahami urutan dan makna dari kata-kata, serta menggunakan bahasa dengan benar. Anak yang memiliki kecerdasan ini kuat dalam bidang bahasa, mudah mengingat informasi verbal dan tertulis, suka menulis dan membaca, jago debat dan pidato, suka melontarkan humor, dan bisa menjelaskan sesuatu dengan baik.

2.      Kecerdasan Logis-Matematis

 

Kecerdasan dalam mengolah angka, matematika, dan logika untuk menemukan dan memahami berbagai pola, seperti pola pikir, pola visual, pola jumlah, atau pola warna.

 

3.      Kecerdasan Spasial-Visual

Kemampuan spasial-visual dimiliki oleh arsitek, pelukis, seniman, dan desainer. Penelitian menunjukkan bahwa, anak yang dilatih untuk mengembangkan spasial-visual memiliki kemampuan mengingat (memori) dan penalaran logika yang baik.Anak dengan tipe kecerdasan majemuk ini mengandalkan imajinasi dan senang dengan bentuk, gambar, pola, desain, serta tekstur.

 

4.      Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan dalam koordinasi anggota tubuh dan keseimbangan. Anak yang memiliki kecerdasan ini senang melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti naik sepeda, menari, atau olahraga. Ia juga mungkin merasa sulit duduk diam dalam waktu lama dan mudah bosan.

 

5.      Kecerdasan Musikal

Tidak hanya dapat memainkan alat musik atau mendengarkan lagu. Mereka yang memiliki kecerdasan ini juga mampu memahami dan membuat melodi, irama, nada, vibrasi, suara, dan ketukan menjadi sebuah musik.

 

6.      Kecerdasan Intrapersonal

Ini merupakan kecerdasan introspektif di mana Si Kecil mampu memahami diri sendiri, mengetahui kekuatan, kelemahan, dan motivasi diri. Jika kecerdasan ini menonjol pada diri anak, dia bijaksana dan bisa mengendalikan keinginan serta perilakunya, juga mampu membuat rencana dan keputusan. Kecerdasan ini dimiliki oleh penulis, ilmuwan, dan filsuf.

 

7.      Kecerdasan Interpersonal

Kecakapan ini merupakan kemampuan untuk bermasyarakat serta memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka yang mempunyai kecerdasan ini mampu bekerja, berinteraksi, dan berhubungan dengan orang lain, suka bekerja sebagai tim, memiliki banyak teman, menunjukkan empati kepada orang lain, sensitif terhadap perasaan dan ide-ide orang lain, memediasi konflik, dan mengemukakan kompromi.

 

8.      Kecerdasan Naturalis

Ini adalah kemampuan untuk mengenali dan mengkategorikan tanaman, hewan, dan benda-benda lain di alam, serta tertarik mempelajari spesies makhluk hidup.

 

9.      Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial yang merupakan salah satu dari majemuk ini memampukan anak mampu mengajukan dan mencari jawaban pertanyaan mendalam tentang eksistensi manusia, seperti ‘Apa arti hidup?’, ‘Mengapa kita mati?”, atau ‘Apa peran kita di dunia?’. Kecerdasan eksistensial lebih mengarah ke bidang filsafat. Beberapa pakar juga mengaitkan antara kecerdasan eksistensial ini dengan tipe kecerdasan spiritual.

 

Komentar