Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PPSPI
Tugas 1.
Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
Kelas : V
Mata Pelajaran : Pembelajaran 1 (Bahasa
Indonesia dan IPA)
Materi : Organ dan fungsi organ pencernaan hewan dan
manusia
1)
Implementasi prinsip Multiple means of engagement dalam strategi
pelaksanaan pembelajaran
Tuliskan
strategi apa yang anda akan buat untuk memotivasi peserta didik di kelas agar
bisa merangsang minat dan termotivasi untuk mempelajari materi tersebut dan
bisa saling bekerjasama dalam mempelajari materi tersebut!
Menyediakan gambar
terkait materi yang akan dibahas. Membuat video
pembelajarannya agar lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Membuat gambar organ
pencernaan hewan dan manusia serta fungsinya Melakukan diskusi
dengan melibatkan seluruh siswa. |
2)
Implementasi prinsip Multiple means of representation dalam strategi
pelaksanaan pembelajaran
Tuliskan stategi apa yang anda akan buat untuk
menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara peserta
didik memberikan makna pada pembelajaran, sesuai keragaman mereka!
Strategi yang akan anda untuk
memastkan peserta didik dengan gaya
belajar auditori dapat memahami materi yang anda ajarkan! (Tuliskan jawaban anda disini!) Memberikan rekaman
berupa audio. Memberikan alat berupa radio. Kemudian siswa diminta akan
menjelaskan kembali tentang pembahasan yang dibahas pada alat tersebut. |
Strategi yang akan anda buat untuk
memastkan peserta didik dengan gaya
belajar visual dapat memahami materi yang anda ajarkan! (Tuliskan jawaban anda disini!) Pembelajaran pada gaya
ini, lebih mendominankan gaya penglihatan anak. Apabila penglihatannya bagus
maka, hasil pembelajarannya bagus. Atau sebaliknya. Pada pembelajaran ini
guru harus lebih aktif lagi untuk menyiapkan video pembelajaran. |
Strategi untuk yang akan anda buat
memastkan peserta didik dengan gaya
belajar kinestetik dapat memahami materi yang anda ajarkan! (Tuliskan jawaban anda disini!) Pembelajaran yang
berupa gerakan. Dimana siswa nantinya akan diberikan contoh untuk melakukan
aktivitas sesuai materi. Atau bisa juga tentang cara mengatasi gangguan
peredaran darah. |
Strategi apa yang anda akan buat untuk
memastkan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK dapat memahami materi yang
anda ajarkan, seuai profil belajar mereka ! Auditori dan visual |
3)
Implementasi prinsip Multiple means of representation dalam strategi
pelaksanaan pembelajaran
Tuliskan dalam bentuk apa anda memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam
berbagai cara pada materi yang anda ajarkan!
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Verbal-Linguistik: (Tuliskan jawaban anda disini!) Di suruh untuk membaca materi yang ada pada buku siswa. Kemudian diminta
untuk menuliskan kembali di buku tulisnya dengan bahasa yang bagus. |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Logis-Matematis: (Tuliskan jawaban anda disini!) Diarahkan dengan
ekstrakurikuler tentang matematika. Diikutkan dalam lomba olimpiade anta
rsekolah dan juga antar kabupaten. |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Spasial-Visual: (Tuliskan jawaban anda disini!) Anak akan diarahkan
untuk mnegikuti kegiatan siang tentang melukis. Kemudian memberikana
alat-alat melukis sebagai motivasi baginya. Diikut sertakan dalam lomba
melukis. Tingkat desa, sekolah dan kabupaten. |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Kinestetik-Jasmani: (Tuliskan jawaban anda disini!) |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Musikal: (Tuliskan jawaban anda disini!) |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Intrapersonal: (Tuliskan jawaban anda disini!) |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Interpersonal: (Tuliskan jawaban anda disini!) Diberikan kegiatan bimbingan terhadap bidang olahraga. Baik berupa lari
maupun olahraga yang lainnya. |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Naturalis: (Tuliskan jawaban anda disini!) Lebih diarahkan untuk
membimbing di bidang peternakan dan pertanian. Karena hobi dan kesukaannya di
bida tersebut. |
Untuk peserta didik anda yang
menonjol pada kecerdasan Eksistensial: (Tuliskan jawaban anda disini!) Siswa lebih diarahkan
untuk kegiatan penulisan sesuai dengan benda nyata yang dia lihat. |
Untuk PDK yang ada di kelas anda
sesuai PBS-nya: (Tuliskan jawaban anda disini!) Interpesonal kelebihan
dalam memahami kegiatan fisik. |
Keterangan:
1. Kecerdasan Verbal-Linguistik
Kecerdasan majemuk verbal-linguistik
melibatkan kemampuan berbahasa melalui membaca, menulis, berbicara, memahami
urutan dan makna dari kata-kata, serta menggunakan bahasa dengan benar. Anak
yang memiliki kecerdasan ini kuat dalam bidang bahasa, mudah mengingat
informasi verbal dan tertulis, suka menulis dan membaca, jago debat dan pidato,
suka melontarkan humor, dan bisa menjelaskan sesuatu dengan baik.
2. Kecerdasan Logis-Matematis
Kecerdasan dalam
mengolah angka, matematika, dan logika untuk menemukan dan memahami berbagai
pola, seperti pola pikir, pola visual, pola jumlah, atau pola warna.
3. Kecerdasan Spasial-Visual
Kemampuan spasial-visual dimiliki oleh
arsitek, pelukis, seniman, dan desainer. Penelitian menunjukkan bahwa, anak
yang dilatih untuk mengembangkan spasial-visual memiliki kemampuan mengingat
(memori) dan penalaran logika yang baik.Anak dengan tipe kecerdasan majemuk ini
mengandalkan imajinasi dan senang dengan bentuk, gambar, pola, desain, serta
tekstur.
4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Kecerdasan ini melibatkan kemampuan dalam
koordinasi anggota tubuh dan keseimbangan. Anak yang memiliki kecerdasan ini
senang melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti naik sepeda, menari, atau
olahraga. Ia juga mungkin merasa sulit duduk diam dalam waktu lama dan mudah
bosan.
5. Kecerdasan Musikal
Tidak hanya dapat memainkan alat musik atau
mendengarkan lagu. Mereka yang memiliki kecerdasan ini juga mampu memahami dan
membuat melodi, irama, nada, vibrasi, suara, dan ketukan menjadi sebuah musik.
6. Kecerdasan Intrapersonal
Ini merupakan kecerdasan introspektif di mana
Si Kecil mampu memahami diri sendiri, mengetahui kekuatan, kelemahan, dan
motivasi diri. Jika kecerdasan ini menonjol pada diri anak, dia bijaksana dan
bisa mengendalikan keinginan serta perilakunya, juga mampu membuat rencana dan
keputusan. Kecerdasan ini dimiliki oleh penulis, ilmuwan, dan filsuf.
7. Kecerdasan Interpersonal
Kecakapan ini merupakan kemampuan untuk
bermasyarakat serta memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka yang
mempunyai kecerdasan ini mampu bekerja, berinteraksi, dan berhubungan dengan
orang lain, suka bekerja sebagai tim, memiliki banyak teman, menunjukkan empati
kepada orang lain, sensitif terhadap perasaan dan ide-ide orang lain, memediasi
konflik, dan mengemukakan kompromi.
8. Kecerdasan Naturalis
Ini adalah kemampuan untuk mengenali dan
mengkategorikan tanaman, hewan, dan benda-benda lain di alam, serta tertarik
mempelajari spesies makhluk hidup.
9. Kecerdasan Eksistensial
Kecerdasan eksistensial yang merupakan salah
satu dari majemuk ini memampukan anak mampu mengajukan dan mencari jawaban
pertanyaan mendalam tentang eksistensi manusia, seperti ‘Apa arti hidup?’,
‘Mengapa kita mati?”, atau ‘Apa peran kita di dunia?’. Kecerdasan eksistensial
lebih mengarah ke bidang filsafat. Beberapa pakar juga mengaitkan antara
kecerdasan eksistensial ini dengan tipe kecerdasan spiritual.
Komentar
Posting Komentar