Keutamaan Bulan Muharram

 

Keutamaan Bulan Muharram 

Muharram adalah bulan pertama pada tahun hijriah yang mempunyai banyak keutamaan. Keutamaan tersebut dalam hal beribadah baik ibadah wajib maupun sunnah. Kalau ibadah wajibnya shalat lima waktu seperti biasa. Sedangkan ibadah sunnahnya dalam bentuk puasa.

Puasa yang disarankan dalam bulan ini adalah: Tasu'a pada 9 Muharam dan Asyura pada 10 Muharram, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW,:

"Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram," Hadis Riwayat Muslim: 1983. dikutip dari Ensiklopedi Hadist.

Dalam bulan ini Allah pun melarang umat Islam untuk berbuat kerusakan, terutama pada bulan ini lantaran Muharram adalah bulan suci sebagaimana firman dalam Alquran Surat At-Taubah Ayat 36.

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu," terjemahan QS At Taubah ayat 36.

 

Dari ayat di atas dijelaskan bahwa ada empat bulan yang dinyataan suci dalam bulan hijriah setiap tahunnya. Bulan tersebut adalah bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram termasuk di antaranya dan, Rajab. Hal ini jugasebagaimana dijelaskan dalam hadis sahih dari Bukhari.

"Waktu berputar sebagaimana keadaannya semula ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri dari 12 bulan, empat di antaranya adalah bulan suci, tiga berurutan yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, dan yang keempat adalah Rajab," Hadis Riwayat Bukhari: 4054, dikutip dari Ensiklopedi Hadist.

Dari hadis tersebut sudah dijelaskan bahwa bulan empat bulan tersebut merupakan bulan yang sangat suci untuk beribadah.

"Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram," Hadis Riwayat Muslim: 1983.

Berikut amalan-amalan yang bisa kita lakukan pada bulan ini adalah:

1.     Puasa sunnah

2.     Shalat sunnah terutama shalat disepertiga malam

3.     bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah,

4.     muhasabah atau introspeksi diri, dan

5.     mengenang perjalanan hijrah Nabi Muhammad.

6.     berdoa kepada Allah SWT.  

Kalau kita awali dirikita dengan amalan yang baik, insyaAllah bulan berikutnya kita juga akan mendapat hidayah untuk amalan berikutnya. Tribunews.

Komentar